Ketua DPRD Banjar Usul Bantuan Dana Politik Naik Jadi Rp 10 Ribu

USULKAN - Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi, usulkan bantuan dana politik naik menjadi Rp.10 ribu per satu suara.

MartapuraKlik – Menurut pandang Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi, dirinya usulkan bahwa bantuan dana politik bisa terealisasikan menjadi Rp. 10 ribu per satu suara.

Perihal tersebut sampaikannya, usai menggelar rapat Banggar DPRD dengan TAPD membahas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023, Rabu (16/11/2022) malam.

Read More

“Berkaca dari daerah lain, bantuan dana politik sudah dihargai hingga Rp. 10 ribu per satu suara. Sementara di Kabupaten Banjar sendiri hanya Rp. 4 ribu per satu suara,” bebernya, kepada MartapuraKlik.

Menurutnya, ia rasa sudah saatnya bantuan dana politik di Kabupaten Banjar juga turut naik.

“Tetapi, kualitas Parpol itu juga harus naik. Jangan sampai dana Parpolnya naik, kualitasnya hanya begitu saja. Kan sayang dengan hal semacam itu,” ucapnya.

Saat rapat Banggar tadi, lanjut HM Rofiqi, diusulkan setiap satu suara dihargai Rp.6 ribu.

“Kalau menurut saya malah mengusulkan Rp.10 ribu untuk satu suara,” ujar Ketua DPRD Banjar.

Ini dikarenakan, agar pembiayaan partai tersebut sudah bisa mandiri dan partai sendiri tidak akan melanggar undang-undang.

“Karena memang dari pendapat beberapa akademik, memang ada yang menyarankan Parpol itu dibiayai oleh negara. Karena secara tidak langsung semua Parpol yang lain itu dibiayai oleh negara. Tetapi melalui underbow (kinerja organisasi sayap) nya kan. Nah begitu,” jelasnya.

Jadi hasil rapat Banggar tadi, biasanya Banggar pemerintah daerah dengan DPRD itu, tidak terlalu alot.

“Menurut saya, Banggar yang dibahas itu untuk rakyat. Tetapi biasanya, rakyatnya 10 persen kepentingannya 90 persen,” sindirnya.

Kepentingannya yang dimaksud ini, kata Praksi Gerindra lebih jauh, bisa dikategorikan dengan kepentingan orang, pribadi, kelompok atau golongan.

“Tidak mungkin orang masuk ke dunia perpolitikan itu tidak memikirkan kepentingan pribadinya. Itu sah sah saja, namun pikirkan juga kadernya harus seimbang,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *