Kadinkes Banjar : Saat Ini Masyarakat yang Sudah Vaksin Mencapai 31,25 Persen

Kadinkes Banjar Saat Ini Masyarakat yang Sudah Vaksin Mencapai 31,25 Persen
WAWANCARA - Kepala DInkes Banjar dr Diauddin memberikan keterangan kepada MartapuraKlik, terkait pencapaian vaksinasi di Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Capaian vaksinasi kepada masyarakat di Kabupaten Banjar mencapai di angka 31,25 persen dengan jumlah penduduk sebanyak 138.207 orang.

Perihal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjar dr Dauddin, kepada MartapuraKlik saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/12/2021).

Read More

“Terhitung data persentase hingga hari ini, alhamdulillah kenaikan angka kita naik. Terlebih, saat ini dalam pengurusan administrasi wajib melampirkan surat keterangan vaksinasi sebagai syarat. Perlu diketahui dari kenaikan 1 persen ini kita harus memvaksin sebanyak 442 ribu penduduk,” bebernya.

Dibandingkan kabupaten/kota lainnya, sebut Dokter Dia sapaan akrab Kadinkes Banjar, jika memvakasin 442 ribu penduduk dari segi persentase bisa mencapai 3 sampai 4 persen.

“Karena jumlah penduduk kita hampir 600 ribu, tentu kenaikan kita dari segi persentase lebih sedikit,” ujar Dokter Dia.

Lebih jauh dijelaskannya, sebagai target capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar, tidak seluruh masyarakat kita untuk turut melakukan vaksinasi.

“Sebagai target capaian vaksinasi kepada masyarakat kita sebanyak 442 ribu penduduk untuk wilayah Kabupaten Banjar,” sebutnya.

Disamping itu, terkait jumlah dosis vaksin di Kabupaten Banjar, Dokter Dia menuturkan masih mencukupi, dengan jumlah merek Sinovac 21 ribu dosis, Astraceneza 25 ribu dosis dan Pfrizer sekitar 1.400 dosis.

“Kalau dosis vaksin insyaallah cukup saja. Namun, kita terkendala dengan tanggal kedaluwarsa vaksin yang kita sediakan saat ini,” tuturnya.

Kendati demikian, mengantisipasi tanggal kedaluwarsa tersebut, pihaknya mengusahakan mengeluarkan dosis vaksin yang hampir jatuh tanggal kedaluwarsanya.

Dirinya mengImbau kepada masyarakat agar segera lah bervaksin. Pasalnya, kondisi saat ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Memang kondisi saat ini terbilang cukup aman, namun bisa berubah-ubah karena bisa berpengaruh dengan mutasi atau varian baru.

“Apa lagi orang yang sudah vaksin, memungkinkan menurunkan angka kematian mencapai 70 persen. Terlebih vaksin ini sebagai syarat administrasi. Mumpung masih ada dosis vaksin kita di Kabupaten Banjar, segera lah ikut vaksin,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *