Jembatan Pingaran Ilir Dibongkar, HM Riza Dauly: Kita Upayakan dengan Budget Minimal, Tapi Optimal

Jembatan Pingaran Ilir Dibongkar, HM Riza Dauly Kita Upayakan dengan Budget Minimal, Tapi Optimal

MartapuraKlik – Jembatan penghubung Desa Pingaran Ilir dan Desa Astambul Seberang, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar akhirnya dibongkar.

Usai pembongkaran jembatan berkontruksi kayu ulin sepanjang 70 meter ini, rencananya akan dibangun dalam waktu 2 hingga 3 bulan.

Read More

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Banjar HM Riza Dauly mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun rencana pembangunan ulang jembatan tersebut.

“Kita sudah mencari beberapa sumber pendanaan untuk pembangunan kembali jembatan tersebut. Baik menggunakan anggaran dari pemerintah pusat atau provinsi maupun anggaran dari daerah kita sendiri,” katanya, Senin (31/1/2022).

Ia juga merencanakan bahwa kontruksi jembatan yang akan dibangun nanti adalah jembatan gantung besi.

“Tergantunf ketersediaan anggaran kita. Target dalam 2 hingga 3 bulan ke depan untuk proses pembangunannya. Saat ini bidang Bina Marga masih melakukan pembongkaran,” jelasnya.

Lanjut dikatakan HM Riza Dauly, untuk menghemat biaya pembangunan tersebut. Bahan kayu sisa jembatan yang masih bisa dimanfaatkan akan digunakan kembali.

“Kita akan tetap berkoordinasi terkait pembangunan jembatan ini dengan Dinas PUPR provinsi dan Balai Wilayah Sungai agar mendapat bantuan,” lanjutnya.

Pasalnya, pembangunan konstruksi jembatan baru tersebut diperkirakan akan menelan biaya Rp. 5 sampai 6 miliar.

“Kita upayakan agar bisa tetap dibangun dengan budget minimal, tapi optimal. Saat ini bidang Bina Marga juga sedang melakukan perencanaan Teknik,” sebut Riza Dauly.

Sebelumnya diberitakan, jembatan yang menjadi penghubung Desa Pingaran Ilir dan Desa Astambul Seberang mengalami kerusakan akibat tumpukan sampah kayu yang hanyut karena Banjir pada pertengahan Januari 2022 lalu.

Setelah ambruk disebagian jembatan karena tak mampu menahan tumpukan sampah yang ke empat kalinya ini, akhirnya jembatan tersebut di bongkar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *