Jadi Pembina Apel, Liana Penny: Cegah Kekerasan Di Lingkungan Pendidikan

PEMBINA APEL - Kali ini, Kepala Disdik Banjar Liana Penny menjadi pembina apel.

MartapuraKlik – Apel kerja gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar digelar dengan petugas dari Dinas Pendidikan (Disdik), di halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Senin (11/12/2023).

Bertindak selaku pembina apel Kepala Disdik Banjar Liana Penny. Dalam amanatnya ia mengatakan, dalam mendukung keberlanjutan program Merdeka Belajar kepada pemangku kepentingan sangat diperlukan sinergitas, kolaborasi dan kemitraan dalam mencapai semua target dan program merdeka belajar.

Read More

“Penerapan Merdeka Belajar episode 25 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan pendidikan. Program ini bertujuan untuk mengatasi dan mencegah kasus kekerasan seksual, perundungan, diskriminasi dan intoleransi,” kata Liana.

Pihaknya sudah mengambil langkah-langkah untuk pencegahan, yaitu sudah membentuk tim pencegahan dan penanganan kekerasan dan satgas.

Bahkan, sudah terbentuk Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dengan persentase 76,38 persen disemua jenjang pendidikan. Serta ketersediaan program pecegahan kekerasan dan alokasi anggaran Tahun 2024.

“Kebijakan ini memberikan perlindungan kepada hak-hak anak, sehingga tumbuh kembangnya baik sesuai bakat dan potensinya,” jelasnya.

APEL GABUNGAN – Ini diikuti pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dan karyawan/karyawati Lingkup Pemkab Banjar.

Sementara, Merdeka Belajar Episode ke 24, lanjut Liana, merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dengan menerapkan 3 perubahan.

“Menghilangkan tes Calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di 2023 apresiasi pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI memberikan 2 penghargaan kepada Pemkab Banjar atas prestasi Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Kategori Widya Dharma Utama dan Daerah Jawara Belajar.id kategori kabupaten/kota pada anugerah KIHAJAR Jakarta. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *