Ingin Jadi Nasabah Bank Sampah Sekumpul? Ini Syaratnya

Ingin Jadi Nasabah Bank Sampah Sekumpul Ini Syaratnya

MartapuraKlik – Pada dasarnya Bank Sampah Sekumpul hampir serupa dengan Bank Konvensional. Namun, dari segi mekanisme berbeda, di mana untuk Bank Sekumpul nasabah bisa membawa sampah terpilah layak tabung yang terbagi dari beberapa kategori.

Manager Admin dan Keuangan Bank Sampah Sekumpul Martapura Gusti Rahmah menjelaskan, saat ini jumlah nasabah aktif Bank Sampah Sekumpul berjumlah 630 orang. Persyaratan sebagai nasabah baru cukup mudah, hanya membawa fotokopi KTP, kemudian mengisi formulis pendaftaran.

Read More

“Kami juga punya pelayanan tukar sampah dengan sembako. Agar menarik minat masyarakat untuk menabung di Bank Sampah Sekumpul, nantinya saldo mereka akan dikalkulasikan dengan sembako atau juga bisa ditukar dengan token listrik dan kuota,” jelasnya, Kamis (30/12/2021).

Ia pun mengatakan bahwa nasabah Bank Sampah Sekumpul tidak hanya dari Martapura saja, melainkan merabah hingga ke kota tetangga. Tak hanya itu saja, pihaknya bekerja sama dengan PT Pegadaian yang mana sudah dimanfaatkan para nasabah dengan menukar saldonya sebagai tabungan emas.

“Saya juga meminta kepada nasabah, sebelum mengantar ke Bank Sampah Sekumpul agar, benar-benar memilah sampahnya terlebih dahulu dan layak untuk diuangkan,” ingatnya.

Lanjut dikatakan Gusti Rahmah, ada sekitar 10 nasabah perharinya melakukan transaksi ke Bank Sampah Sekumpul.

“Bahkan, kalau di akhir pekan malah lebih banyak lagi. Ada juga terkadang nasabah yang membawa sampahnya di luar jam kerja tetap kita layani, seperti pada malam hari. Kita juga memiliki kedai D’Langkar Manis yang merupakan inovasi sendiri. Nasabah juga bisa menukarkan sampahnya dengan menu yang tersedia di kedai kita,” tuturnya.

Dilain sisi, dirinya berpesan kepada masyarakat dengan memilah sampah dari rumah sudah sangat membantu kerja dari teman-teman yang berkutat dengan dunia sampah.
“Juga sebagai bukti syukur bersama semua pihak yang telah menjaga alam semesta dan mewujudkan lingkungan sehat dan bersih,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *