Hingga Agustus 2023! BPR Catat Ada 269 Pelaku UMKM Terima Program Kurma Manis

MEMAPARKAN - Direktur Utama PT BPR Martapura Banjar Sejahtera Ari Rosadi, saat memaparkan terkait jumlah pelaku UMKM yang menerima program Kurma Manis.

MartapuraKlik– Usai dikucurkannya dana pinjaman tahap I sebesar Rp.4,5 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar pada Juni 2023. PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Martapura Banjar Sejahtera mencatat sudah menyalurkan pinjaman dari program Kurma Manis (Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju, Manidiri dan Agamis) ke ratusan pelaku UMKM.

Direktur Utama PT BPR Martapura Banjar Sejahtera Ari Rosadi mengatakan, setelah dana itu dikeluarkan pihaknya langsung menyalurkan kepada pelaku UMKM dengan bunga nol persen dan tanpa biaya administrasi.

Read More

“Terhitung hingga 31 Agustus 2023 ini, sudah kita salurkan pinjaman dana melalui program Kurma Manis dengan total sebesar Rp.1.561.000.000 atau sebanyak 269 pelaku UMKM,” kata Ari, kepada MartapuraKlik, Senin (25/9/2023).

Ia menyebutkan, untuk total dana yang tersalurkan mulai 2021 hingga 31 Agustus 2023 sebanyak 511 pelaku UMKM yang tersebar di 15 kecamatan.

“15 kecamatan ini di antaranya, Kecamatan Kertak Hanyar, Astambul, Gambut, Karang Intan, Martapura, Aranio, Sungai Tabuk, Aluh-Aluh, Mataraman, Simpang Empat, Pengaron, Beruntung Baru, Martapura Barat, Martapura Timur, Sambung Makmur,” sebutnya.

Menurutnya, dana yang paling banyak tersalurkan berada di Kecamatan Aluh-Aluh. Persyaratan pelaku UMKM yang mendapatkan program Kurma Manis ini harus binaan dan rekomendasi dari Dinas Pertanian, Dinas TPH, Disnakertrans dan DKUMPP Kabupaten Banjar.

“Di bawah pinjaman Rp.5 juta tidak ada jaminan, sementara di atas 5 hingga Rp.10 juta harus ada jaminan, seperti BPKB atau Surat Tanah. Untuk jangka waktu cicilannya maksimal 1 tahun,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *