Heri Sukoco: Implementasi penggunaan NIK NPWP Diundur Jadi 1 Juli 2024

TALKSHOW - Kepala KP2KP Martapura Heri Sukoco, didampingi Staf Penyuluh KP2KP Martapura Satya, saat menjadi narasumber talkshow di Radio Suara Banjar.

MartapuraKlik – Implementasi penggunaan NIK NPWP berdasarkan PMK sebelumnya berjalan mulai 1 Januari 2024. Kemudian dengan adanya PMK 136/2023 mengenai perubahan atas PMK 112/2022, sehingga penyesuaian implementasi NIK NPWP diundur menjadi 1 Juli 2024.

Perihal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Martapura Heri Sukoco, saat menjadi narasumber talkshow, di Radio Suara Banjar, Rabu (20/12/2023).

Read More

“Sampai saat ini Wajib Pajak masih bisa melakukan pemadanan NIK NPWP sampai dengan 30 Juni 2024, sehingga mulai 1 Juli 2024 implementasi NIK NPWP berjalan dengan penuh,” kata Heri.

Maka dari itu, lanjut Heri, Wajib Pajak jangan sampai melewatkan pemadanan NIK NPWP, karena sudah melewati 2 momen pelaporan SPT 2022 dan 2023. Di mana momen tersebut sekaligus melaksanakan pemadanan NIK NPWP.

“Setelah Wajib Pajak melakukan Pemadanan NIK NPWP ada istilah NPWP 16 Digit yang artinya NIK tersebut sudah tervalidasi untuk dapat digunakan menjadi NPWP. Ini juga berlaku untuk Wajib Pajak Badan yang akan memperoleh NPWP setelah melakukan validasi data untuk badannya. Kemudian ada istilah NPWP 15 Digit yang artinya itu nomor NPWP asli,” ucapnya.

Staf Penyuluh KP2KP Martapura Satya menambahkan, bagi Wajib Pajak Badan sendiri masih dengan nomor yang sama, dengan NPWP yang dimiliki sebelumnya. Namun menambahkan angka 0 pada digit pertama, sehingga berjumlah 16 digit.

“Kemudian yang perlu diperhatikan ketika validasi data tersebut ialah Data Utama bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, pada menu tampilan data antara NIK, Nama, Tempat Tanggal Lahir, sudah sesuai dengan yang tertera di KTP,” tambah Satya.

Menurut data DJP per 22 November 2023, sudah 81 persen Wajib Pajak memadankan NIK NPWP sekitar 59,3 juta sudah padan dan 12,6 juta Wajib Pajak belum melakukan pemadanan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *