Hadirkan Dua Narasumber, Disdukcapil Banjar Gelar Sosialisasi Administrasi Kependudukan

DIBUKA - Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur.

MartapuraKlik – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjar menggelar Sosialisasi Administrasi Kependudukan, di Aula Barakat Lantai II Martapura, Senin (21/11/2022).

Bertema¬†“Dukcapil BerAKHLAK” yaitu Disdukcapil yang Berorientasi Pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Read More

Sosialisasi tersebut dibuka Bupati Banjar Saidi Mansyur, menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Disdukcapil Azwar dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Liana Penny.

Bupati Banjar sampaikan apresiasinya kepada Disdukcapil yang telah berupaya melakukan langkah-langkah cepat dalam mendukung pencapaian target. Yakni dengan pelayanan keliling administrasi kependudukan ke desa dan kelurahan menggunakan mobil pelayanan serta pelayanan rutin harian.

“Pelayanan rutin secara online (WhatsApp) maupun tatap muka di Mall Pelayanan Publik (MPP), UPTD Gambut, Mataraman, Plaza Pelayanan Publik Simpang Empat serta Gambut,” katanya.

Selain itu, Lanjut Saidi, juga melakukan penyisiran dan pengumpulan akta kelahiran offline ke desa atau kelurahan untuk di input ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Dukcapil juga menjalin kerja sama dengan Disdukcapil Provinsi serta Kemenag Banjar untuk pengumpulan akta kelahiran offline siswa SMA, SMK, Madrasah Tsanawiyah maupun Aliyah se Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Ia berharap, peserta sosialisasi Kepala SD dan SMP agar dapat memberikan informasi, pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat.

“Betapa pentingnya memiliki dokumen kependudukan lengkap lebih dini untuk lancarnya urusan masing-masing,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Banjar Azwar menjelaskan, tujuan sosialisasi ini untuk menyebarluaskan informasi terkait layanan adminduk khususnya seperti akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada masyarakat.

“Agar masyarakat lebih memahami pentingnya dokumen kependudukan sehingga meningkatkan kepemilikan dokumen serta kesadaran masyarakat agar tertib administrasi kependudukan,” jelasnya.

Ditambahkan Azwar, sejauh ini pihaknya sudah tiga kali menggelar sosialisasi tersebut yakni di Kecamatan Sungai Tabuk, Aluh Aluh dan Aula Barakat Lantai II Martapura, Kabupaten Banjar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *