Gelontorkan Anggaran Rp.300 Juta! Festival Pasar Terapung Lok Baintan Dapat Tingkatkan Sektor Pariwisata

SAMBUTAN - Bupati Banjar Saidi Mansyur, saat memberi sambutan sekaligus menyapa masyarakat setempat, saat acara Festival Pasar Terapung 2023.

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata menggelar Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2023, tertema “Pesona Susur Sungai Orang Banjar,” di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Minggu (19/11/2023).

Festival Pasar Terapung yang berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 18 dan 19 November 2023, turut dimeriahkan dengan berbagai lomba. Di antaranya, lomba jukung hias tradisional, balap jukung B2 acil Lok Baintan, lomba videografi on the spot, bazar terapung ekraf serta pentas seni budaya.

Read More

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, melalui even ini  dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara dan sekaligus dapat meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi lokal.

“Juga mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif Kabupaten Banjar, baik ke skala nasional maupun internasional,” kata Saidi.

Ia berharap, dengan penyelenggaraan even ini dapat kembali meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seluruh potensinya.

“Sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalsel, khususnya Kabupaten Banjar,” harap Saidi.

BINGKISAN – Bupati Banjar Saidi Mansyur, memberikan bingkisan kepada salah seorang peserta.

Ia juga mengimbau kepada SOPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Disbudporapar terkait hilirasi masyarakat sekitar Desa Lok Baintan, agar benar benar menyasar untuk meningkatkan perekonomian industri lokal.

Sementara itu, Plt Kepala Disbudporapar Riza Rusadi menjelaskan, festival pasar terapung lok baintan diselenggarakan sebagai upaya bersama untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya sebagai warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat daerah Sungai Martapura, di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

“Even tahunan ini diselenggarakan oleh Disbudporapar Kabupaten Banjar dilaksanakan dengan konsep Hybrid dengan mengusung tema Pesona Susur Sungai Orang Banjar,” jelasnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya seperti venue kegiatan yang biasanya di dermaga Sungai Pinang Lama, di tahun ini dilaksanakan di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 300 juta,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *