Dukung Pelaksanaan Proyek Jalan Menteri 4, Lurah Keraton: Jika Ada Kendala, Kita Langsung Terjun Ke Lapangan

Dukung Pelaksanaan Proyek Jalan Meteri 4, Lurah Keraton Jika Ada Kendala, Kita Langsung Terjun Ke Lapangan

MartapuraKlik – Pihak Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar siap mendukung proyek pemeliharaan berkala ruang jalan Menteri 4, yang tengah dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar.

Bentuk dukungan tersebut pun dilontarkan Astamaji Fauzan selaku Lurah Keraton. Dirinya menjelaskan, siap langsung terjun kelapangan apabila dalam pelaksanaannya ada sedikit kendala yang berkaitan dengan masyarakat sekitar.

Read More

“Perbaikan kiri kanan drainase dan ruas jalan di Menteri 4 hingga depan Pasar Sejumput Karangan Putih ini kan, sudah lama kita nantikan bersama masyarakat sekitar. Jadi, kami siap mensosialisasikannya apabila pengerjaan ada kendala yang bersinggungan dengan masyarakat setempat,” ujarnya, Sabtu (30/10/2021).

Bahkan, beberapa waktu lalu, lanjut Astamaji, pengawas juga sudah berkoordinasi dengan kelurahan untuk menanggulangi permasalahan kecil yang terjadi saat proyek pengerjaan dilakukan.

“Kemarin. ada kendala kecil yang terjadi, terkait keberadaan kios-kios kecil di samping ruas jalan, tepatnya di depan pagar pemakaman karangan putih. Tapi sudah berhasil diselesaikan, karena bangunan kiosnyakan tidak bersifat permanan, dan ketika keberadaan kios dianggap mengganggu, mereka pun siap untuk berpindah tempat sementara,” jelasnya.

Intinya, beber Astamaji lebih jauh, pedagang dan masyarakat setempat mendukung terhadap proyek tersebut. Diharapkan instansi terkait juga memikirkan beberapa titik kondisi drainase di kawasan pemukiman warga.

“Karena nantinya drainase kecil ini, juga berfungsi sebagai jalur pembangunan air drainase di Jalan Menteri 4 menuju sungai-sungai kecil, dan Handil Jepang yang berada di pemukiman warga setempat yang juga harus ditangani atau dilakukan pengerukan. Tapi, saat ini kita juga memaklumi dengan keterbatasan anggaran daerah, sehingga harus melakukan pengerjaan secara bertahap. Semoga nantinya juga bisa dikerjakan,” harapnya.

Perlu diketahui, Pemkab Banjar melalui Dinas PUPR melakukan rehabilitasi ruas Jalan Menteri 4, Kecamatan Martapura, yang kerap terjadi banjir pada musim penghujan, akibat sistem drainase yang tidak berfungsi secar optimal.

Pelaksanaan pemeliharaan berkala ruas Jalan Menteri 4 yang akan dilaksanakan CV Analis tersebut, akan dilakukan sepanjang 1.737 meter. Dimulai dari Stasiun (STA) 0 (Turunan Jembatan Sungai Paring) menuju STA 1.142. Pengerjaan berupa penanganan aspal yang rusak.

Serta pengerjaan di ruas jalan selepas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura sampai pertigaan Jalan Batuah atau di dekat Pasar Sejumput Karangan Putih, dengan pajang kurang lebih 595 meter yang akan dilakukan pekerjaan u-ditch (saluran drainase beton), pelebaran jalan 8 meter, dan pengaspalan.

Pengerjaan proyek tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan nilai kontrak Rp. 4.037.858.382. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *