Drainase di Jalan Pangeran Abdurrahman Segera Diperbaiki, Gelontorkan Dana Ratusan Juta

Drainase di Jalan Pangeran Abdurrahman Segera Diperbaiki, Gelontorkan Dana Ratusan Juta
RDP - DPRD Kabupaten Banjar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas PUPRP dan menghadirkan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Pesayangan, terkait perbaikan drainase.

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) menegaskan akan segera memperbaiki drainase yang tersumbat di Jalan Pangeran Abdurrahman, Kelurahan Pesayangan. Anggaran pun sudah disiapkan untuk perbaikan penanggulangan saluran air tersebut sebanyak Rp. 800 juta.

Perihal ini disampaikan Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly, kepada awak media, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, belum lama tadi.

Read More

“Sekali lagi kita menegaskan bahwa perbaikan penanggulangan drainase tersebut segera kita tanggulangi karena anggaran sudah tersedia dan memastikan percepatan penanganannya,” tegasnya.

Kendati ketersediaan anggaran sudah siap untuk perbaikan tersebut, lanjut HM Riza Dauly, namun ada beberapa kendala dalam penanganan. Di antaranya, drainase yang akan diperbaiki ini ternyata tersambung dengan drainase yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

“Saat ini kita atas instruksi Bupati Banjar, sedang berkoordinasi dengan Bidang Sumber Daya Air dan Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalsel,” jelas HM Riza Dauly.

Lebih jauh dipaparkan dia, percepatan perbaikan drainase yang menelan biaya ratusan juta ini, di mana menjadi keluhan warga setempat ini sudah terjadwal.

“Berdasarkan schedule kita, pada Maret akan dilakukan pelelangan terlebih dahulu. Paling tidak pada triwulan kedua sudah kita dikerjakan,” paparnya.

Sementara ini, tambah Pejabat definitif Bapeda Lingbang Banjar ini, perbaikan drainase masih diprioritaskan. Sedangkan untuk permintaan peninggian jalan, masih dikaji.

“Kalau dilakukan peninggian jalan, berdasarkan pengalaman dibeberapa tempat yang juga dilakukan hal yang sama. Dampaknya akan terjadi genangan air di rumah warga sekitar karena jalan yang ditinggikan itu menjadi tanggul,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi mengungkapkan, nota kesepakatan tersebut menyebutkan pengerjaan akan dimulai maksimal pada April 2022.

“Untuk itu warga sepkat untuk mencopot spanduk sindirian tersebut. Kita berharap jangan sampai tidak ditepati, karena sudah beberapa tahun ini tak dikerjakan,” ungkapnya.

Rofiqi sendiri optimis tahun ini akan segera diselesaikan, karena anggaran sudah tersedia, tinggal dalam proses perencanaan dan pelelangan proyek tersebut.

Perlu diketahui, RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi ini, menghadirkan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Pesayangan dan perwakilan Pemkab Banjar yang dipimpin Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly.

Dalam pertemuan tersebut DPRD Banjar, Pemkab Banjar dan warga bersepakat dan menandatangani nota kesepakatan terkait dengan percepatan perbaikan drainase untuk penanggulangan genangan air tersebut. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *