DPMD Kabupaten Banjar Kenalkan Aplikasi Siskeudes Online Kepada Aparatur Desa

DPMD Kabupaten Banjar Kenalkan Aplikasi Siskeudes Online Kepada Aparatur Desa

MartapuraKlik – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar, melaksanakan Sosialiasasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) secara online, beberapa waktu lalu.

Sosialisasi dihadiri oleh Kaur Keuangan beserta Satgas Sistem Keuangan Desa Kecamatan. Aplikasi SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Read More

Kepala DPMD Banjar Syahrialludin menjelaskan, aplikasi ini telah digunakan oleh pemerintah desa yang awalnya masih offline.

DPMD Kabupaten Banjar Kenalkan Aplikasi Siskeudes Online Kepada Aparatur Desa
MENJELASKAN – Kepala DPMD Banjar Syahrialludin, didampingi Noon Zairina Warsita, Kabid Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa DPMD. Terkait mengenalkan sekaligus menjelaskan keunggulan aplikasi SISKEUDES online kepada aparatur desa.

” Kemudian setelah berkoordinasi kepada BPKP Kalsel dan bekerjasama Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, dikembangkan lagi. Sehingga aplikasi tersebut bisa berjalan secara online,” jelasnya, Senin (13/9/2021).

Salah satu kelebihan SISKEUDES online, papar Syahrialludin, memudahkan pemerintah dalam melakukan kompilasi laporan dari desa, tanpa perlu meminta dan menunggu desa untuk mengumpulkan database.

” Sistem ekspor Impor data dengan jumlah 277 desa, tentunya membutuhkan waktu yang lama. Sekarang dengan sistem online dapat dipantau secara realtime melalui server SISKEUDES online,” paparnya.

Tanpa perlu waktu lama untuk kompilasi laporan desa, lanjutnya, juga dapat mempermudah pengawasan dan mitigasi resiko khususnya backup database.

Selain itu, telah dilakukan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi admin SISKEUDES kecamatan pada awal September 2021 lalu.

” Aplikasi secara online ini akan mempermudahkan Satgas Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) untuk memantau Pengelolaan Keuangan Desa,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *