Dosen Psikologi UM Banjarmasin Lakukan Psikoedukasi Petugas Lapas Narkotika Karang Intan

MartapuraKlik – Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin Akhmad Rifandi M.Psi, beri seminar “stres kerja” bagi petugas Lapas Narkotika Karang Intan, di Aula Lapas, Jumat (23/9/22).

“Kemarin kita kedatangan dosen psikologi Universitas Muhammadiyah, beri psikoedukasi petugas mengenai stres. Bekerja di Lapas mengurus banyak warga binaan, rentan stres, jadi kegiatan tersebut sedikit banyak berguna bagi pelaksanaan tugas yang dilakukan,” ungkap Kalapas Karang Intan Wahyu Susetyo, Sabtu (24/9/2022).

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus menandai berakhirnya kegiatan magang yang dilakukan dua mahasiswa psikologi UM Banjarmasin di Lapas Narkotika Karang Intan.

BERSWAFOTO – Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama dan diserahkan plakat dari UM Banjarmasin kepada Lapas Narkotika Karang Intan

Akhmad Rifandi menyampaikan, stres di tempat kerja bisa dipicu berbagai hal menyangkut pekerjaan. Perlu tindakan agar tahapan stres tidak semakin tinggi yang bisa mengarah kepada tindakan yang lebih parah.

“Stres di tempat kerja bisa terjadi disebabkan berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan, stres tidak selalu buruk, ada juga stres yang disebabkan hal positif, misalnya ketika kita dapat promosi jabatan, maka juga akan menggalami stres,” jelas Akhmad Rifandi.

Menghadapi stres perlu coping stres, menurutnya harus mampu menyesuaikan diri terhadap stres dengan kegiatan yang bisa kita lakukan.

“Selain beristirahat (tidur) lakukan kegiatan lain yang bisa meredakan stres, dan itu diri sendiri yang mengetahui, misal ada orang stres yang suka minum kopi, setelah itu stresnya hilang dan sebagainya,” tutup Rifandi. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *