Dosen Prodi Biologi ULM Ajarkan Kader Posyandu Rosella Budidaya Toga

TEKS FOTO: Dosen Prodi Biologi FMIPA ULM mengajarkan kader Posyandu Rosella budidaya Tanaman Obat Keluarga (Toga). (Foto: dok)

Martapuraklik – Kepedulian Dosen Program Studi Biologi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini patut diacungi jempol. Mereka turut serta aktif dalam mendukung peningkatan kesehatan masyarakat melalui pelatihan budidaya Tanaman Obat Keluarga (Toga) bagi kader Posyandu Rosela di RT 41 RW 07, Kelurahan Guntung Manggis, Banjarbaru, belum lama tadi.

“Posyandu Rosela merupakan salah satu kelompok Posyandu yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesehatan keluarga, terutama anak-anak balita. Namun, kendala pengetahuan kader tentang tanaman obat keluarga dan kekurangan Toga di wilayah RT 41 menjadi hambatan dalam melaksanakan fungsi Posyandu,” ungkap Evi Mintowati, Dosen Prodi Biologi ULM.

Read More

Posyandu, sebagai gerakan yang berperan penting dalam pemantauan dan peningkatan kesehatan keluarga, terutama anak-anak balita, menjadi fokus utama kegiatan ini.

Posyandu Rosela, salah satu kelompok Posyandu di wilayah tersebut, menghadapi kendala terkait minimnya pengetahuan kader posyandu tentang jenis tanaman obat dan cara penggunaannya.

Selain itu, wilayah RT 41 belum memiliki Toga, sehingga ketersediaannya menjadi kendala ketika diperlukan secara mendadak.

Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian dari ULM yang terdiri dari dosen Prodi Biologi, Evi Mintowati dan Abdul Gafur, serta dosen Prodi Farmasi, Liling Triyasmono, memberikan pelatihan kepada kader Posyandu Rosela.

Pelatihan ini mencakup cara pengolahan tanaman obat keluarga dan budidayanya, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menggunakan tanaman obat keluarga untuk pertolongan pertama sebelum mencari bantuan medis profesional.

“Tanaman obat keluarga ini sangat penting untuk pengobatan dalam keadaan darurat,” kata ketua tim kegiatan Evi Mintowati.

Tim pengabdian juga memberikan beberapa jenis tanaman obat kepada kelompok Posyandu Rosela untuk ditanam di kebun Toga, memastikan ketersediaan tanaman tersebut secara lokal.

Dwiko Suyanto, Ketua RT 41, mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih atas kontribusi yang diberikan oleh tim pengabdian.

Ia berharap akan adanya kegiatan serupa di lain waktu yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah RT 41.

“Upaya bersama seperti ini diharapkan dapat memperkuat keterlibatan perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan kesehatan masyarakat di tingkat lokal,” ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *