DKUMPP Kabupaten Banjar Kembali Lakukan Tera Ulang Timbangan di Pasar Batuah

TERA ULANG - DKUMPP Kabupaten Banjar kembali melaksanakan Tera Ulang Alat UTTP, di Blok Niaga Pasar Batuah Martapura, Rabu (25/10/2023).

MartapuraKlik – Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar kembali melakukan Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP), Rabu (25/10/2023).

Kali ini, kegiatan menyasar kepada para pedagang emas di Blok Niaga Pasar Batuah Martapura dan langsung dipimpin oleh Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati.

Read More

Kencana Wati mengatakan, dari hasil tera ulang timbangan yang telah dilakukan pihaknya, rata-rata semua sudah sangat bagus.

“Untuk Tera Ulang Alat UTTP kepada pedagang ini kita lakukan beberapa tahapan, di antaranya pembinaan dan pengawasan atau menunggu laporan. Sementara ini masih tahap pembinaan,” kata Kencana.

Ia menjelaskan, jika ada temuan timbangan pedagang yang tidak melakukan Tera Ulang atau mengarah ke pidana, maka pihaknya akan bekerjasama dengan Polres Banjar untuk menindaklanjuti perihal tersebut.

Di lain sisi, kegiatan ini sudah terlaksana sebanyak 23 kali dari 24 kegiatan yang ditergetkan pihaknya, khususnya diseluruh pasar tradisional di Kabupaten Banjar.

“Adanya kegiatan tera ulang timbangan ini, kita ingin konsisten untuk mempertahankan predikat pasar tertib ukur di sembilan pasar besar di Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Terlebih, lanjut Kencana, ini menjadi intens pihaknya untuk mengintervensikan visi misi Bupati Banjar, khususnya di sisi Agamisnya.

“Karena Kabupaten Banjar bisa dilihat dari bagaimana muamalah kita dalam hal perdagangan. Di mana para pedagang bersifat jujur yang merupakan sebuah perwakilan dari ciri masyarakat Kabupaten Banjar yang Agamis,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan terakhir, pihaknya akan menggelar di Pasar Kindai Limpuar Kecamatan Gambut. Ia juga  mengimbau kepada para pedagang agar lebih meningkatkan intensitas kejujurannya.

“Jika merasakan keraguan atas alat timbangnya, bisa menghubungi DKUMPP Kabupaten Banjar yang selalu siap melakukan pembinaan, tanpa harus dikegiatan seperti di pasar ini,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *