DKUMPP Kabupaten Banjar Gelar Pasar Murah di Festival Pasar Terapung 2023

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) terus berupaya untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Banjar.

Salah satu upaya kongkret yang diambil oleh DKUMPP Kabupaten Banjar, yakni melaksanakan pasar murah di seluruh kecamatan. Tak terkecuali di Festival Pasar Terapung 2023, Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Read More

Perihal tersebut disampaikan Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati, kepada sejumlah awak media, Sabtu (18/11/2023).

Ia mengatakan, kegiatan pasar murah dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan Festival Pasar Terapung, sebagai wujud kolobarasi antara DKUMPP bersama Disbudporapar Kabupaten Banjar dengan menyasar pada masyarakat yang membutuhkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah.

“Diharapkan kegiatan pasar murah dapat meningkatkan daya beli masyarakat sebagai salah satu upaya menjaga kestabilan harga. Sehingga inflasi khususnya pada beberapa bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Banjar dapat terkendali dengan baik,” harap Kencana.

Sementara, Kasi Pengendalian Barang Pokok dan Penting Eka Yusnitawati menambahkan, pasar murah yang diadakan Pemkab Banjar ini selalu diserbu masyarakat yang sedang menghadapi lonjakan harga barang pokok.

“Terutama pada komoditi gula yang harganya sekarang kian melambung tinggi,” tambah Eka.

Beragam komoditi yang dijual pada pasar murah ini, lanjut Eka, berupa minyak dengan harga Rp.28 ribu  per 2 liter, gula Rp.15 ribu per kg, tepung Rp.10 ribu per kg dan Teh kotak Rp.5 ribu per kotak.

“Dengan selisih harga yang lumayan dibandingkan dengan harga di pasar atau di toko eceran, dalam waktu singkat bahan pokok yang dijual di pasar murah ini habis diserbu masyarakat setempat,” jelasnya.

Medengar adanya pasar murah di Festival Pasar Terapung, Hamidah yang saat itu usai mengikuti perlombaan langsung menuju ke lokasi pasar tersebut. Beruntungnya ia sempat membeli minyak dan gula.

“Alhamdulillah harganya jauh lebih murah dari pada di pasar atau warung. Kalau bisa lebih diseringi mengadakan pasar murah seperti ini,” pungkas Hamidah. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *