DKISP Gelar FGD, Peserta Rapikan Dan Analisa Data

Martapuraklik – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Statistik dan Persandian (SP) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Metadata Statistik Sektoral, di Aula Cakrawala DKISP, Martapura, Selasa (24/10/2023) pagi.

 

Read More

Kegiatan dibuka oleh Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith, didampingi Kabid SP Roro Dian Parwatisari, Kasi Penyelenggaraan Statistik Ali Hanafiah. FGD juga dihadiri Kasi Penyelenggaraan Persandian dan Keamanan Informasi Ahmad Mufridi serta Kasi Pengelola Data Ade Randa Saputra Fani dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banjar.

Kepala DKISP Banjar Aidil Basith mengatakan dalam diskusi ini pihaknya memberikan materi kepada peserta masing-masing perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menganalisa langsung data yang sudah diinput.

 

” Data yang kemarin sudah diisi dan diinput tetapi belum dianalisa, hari ini kita belajar untuk menganalisa data tersebut sehingga data itu matang yang siap menjadi dasar pengambilan kebijakan,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Statistisi Ahli Muda Lina Yuliana selaku narasumber menyampaikan, metadata statistik bertujuan untuk merapikan data yang nantinya data yang dianalisa tersebut dapat dipertanggungjawabkan oleh setiap SKPD. Dikatakannya, metadata adalah bagian yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia, yakni memenuhi kaedah-kaedah yang sudah ditetapkan.

” Data yang disusun dirapikan agar memudahkan pencarian jika diperlukan, maka dari itu harus dianalisa dan diselaraskan sehingga data tersebut dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

 

Kegiatan digelar selama dua hari, 24-25 Oktober 2023 dan diikuti 29 SKPD.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *