Pilkades Serentak Akan Terlaksana Pada 17 November 2022

RAKOOR - Bupati Banjar Saidi Mansyur menggelar Rakoor Pemilihan pembakal serentak Tahun 2022, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (29/9/2022).

MartapuraKlik – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan hak demokrasi setiap warga yang memiliki hak pilih untuk memilih calon kepala desanya, di mana akan memimpin desa selama 6 tahun kedepan.

Meski ditengah pandemi Covid-19, namun Pilkades tetap dilaksanakan guna menentukan kebijakan arah pemerintahan dan pembangunan masyarakat desa kedepannya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar Saidi Mansyur, saat pimpin rapat koordinasi (Rakoor) Pilkades serentak Tahun 2022, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (29/9/2022).

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Pilkades nanti, yakni sinergitas dengan TNI-Polri, aparatur pemerintah daerah dengan terus memantau dan mengimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar tetap kondusif.

“Kepada para camat sebagai unsur pelaksana kewilayahan, saya berharap untuk terus melakukan pemantauan dan perhatikan setiap tahapan pelaksanaan,” pintanya.

DIHADIRI – Pada Rakoor tersebut juga dihadiri para camat se Kabupaten Banjar.

Saidi Mansyur pun juga meminta kepada para camat untuk menyampaikan kepada seluruh panitia desa agar, tidak terjadi permasalahan di wilayahnya masing-masing.

“Camat juga menjaga netralitas, tidak mendukung kepada salah satu calon,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar Syahrialludin, melaporkan bahwa Pilkades serentak akan digelar pada, Kamis 17 November 2022.

“Pemilihan tersebut ini, diselenggarakan dalam situasi pendemi Covid 19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan membatasi kapasitas tempat pemunguntan suara maksimal 500 pemilih.

“Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyebaran Covid 19 akibat kerumunun massa saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti,” ujarnya.

Pilakades ini, tambah Syahrialludin, akan terlaksana di 117 desa di 20 kecamatan yang berada di Kabupaten Banjar.

“Total calon pembakal sebanyak 401 orang di 315 TPS, dengan jumlah 127.493 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar diberbagai wilayah,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *