Diskan Ingatkan Pembudidaya Ikan Waspada Cuaca Ekstrem : Jika Sudah Siap, Segera Dipanen

Diskan Ingatkan Pembudidaya Ikan Antisipasi Jika Terjadi Cuaca Ekstrem Jika Sudah Siap Dipanen, Segera Dipanen
MENGINGATKAN - Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Banjar, HM. Riza Dauly saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (6/10/2021) mengingatkan pembudidaya agar tetap waspada.

MartapuraKlik – Mengingat cucaca ekstrem diawal 2021 lalu dan mengakibatkan bencana banjir yang cukup besar. Di mana bencana tersebut, merendam daerah pinggiran sungai Martapura hingga rumah warga. Sehingga warga harus mengungsi.

Akibatnya secara ekonomi, pelaku usaha pembudidaya Keramba Jaring Apung (KJA) maupun pembudidaya di tambak atau kolam ikan. Pasalnya, jutaan ikan saat itu lepas akibat rusaknya KJA dan terendamnya tambak ikan.

Read More

Memasuki bulan Oktober 2021 menjelang akhir tahun, yang biasanya memasuki musim penghujan, dikhawatirkan bencana banjir tersebut kembali terulang.

Mengingat perihal tersebut, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Banjar HM Riza Dauly mengatakan, pembudidaya perlu mempersiapkan antisipasi.

“Faktor alam tak bisa hindari. Karena itu sebagai antisipasi, kami dari pemerintah daerah mengimbau agar pembudidaya melakukan tindakan preventif,” pesannya, Rabu (13/10/2021).

Hal ini perlu dilakukan jika pada musim penghujan mendatang, kembali terjadi musim penghujan yang ekstrim.

“Jika ikan sudah siap panen, segera dipanen. Juga atur jumlah tebar ikan, kemudian atur KJA agar tak terjadi hal yang dapat merugikan pembudidaya secara signifikan. Kita mengimbau agar rekan pembudidaya selalu waspada,” imbaunya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar mengatakan, Kabupaten Banjar mulai memasuki musim hujan.

“Memang dari zoom meeting kami dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kita sudah memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Namun, menurut Irwan Kumar, curah hujan saat ini masih rendah walaupun sudah memasuki musim penghujan.

Ia menerangkan, pihaknya akan berencana melakukan rapat koordinasi dengan BMKG dan instansi terkait untuk melakukan antisipasi memasuki musim penghujan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *