Disbudporapar Kembali Gelar Saran Kanda di SMKN 1 Martapura

ANTUSIAS - Para pelajar antusias saat mengikuti peltihan Saran Kanda yang digelar Disbudporapar Kabupaten banjar, Senin (6/11/2023).

MartapuraKlik– Usai melaksanakan kegiatan di Tanjung Rema Rema Darat, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar kembali menggelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah di Kalangan Pemuda (Saran Kanda), di SMK Negeri 1 Martapura, Senin (6/11/2023).

Di mana diikuti sebanyak 30 peserta, yang terdiri dari 15 siswa dan 15 siswi. Mereka tampak antusias dan selalu menyimak penyampaian yang diberikan oleh pemateri saat mengikuti Pelatihan Saran Kanda.

Read More

Kabid Kepemudaan Disbudporapar Banjar Dr Muhari mengatakan, ini merupakan bagian dari visi misi Bupati Banjar. Salah satunya program Saran Kanda, yang mana kegiatan ini dibekali dengan nilai-nilai spiritual dan keterampilan dibidang keagamaan, terutama tata cara memandikan jenazah.

“Kalau tidak ada generasi muda yang melanjutkan dan mengerti tata cara memandikan jenazah bagaimana nantinya. Jadi, ini menjadi langkah bagi mereka agar paham dalam penyelenggaraan jenazah,” kata Dr Muhari.

FOTO – Kabid Kepemudaan Disbudporapar Banjar Dr Muhari.

Menurutnya, kegiatan ini tak hanya menyasar ke pelajar saja, melainkan kepada generasi muda yang berusia 16 hingga 30 tahun yang berada di lingkungan sekitar.

“Jadi, simulasi pelatihan ini tak hanya para pelajar saja. Yang jelas program Saran Kanda menyasar ke semua lini kepemudaan,” ujarnya.

Selain itu, dari 10 kegiatan yang ditargetkan pada 2023, pelatihan Saran Kanda ini sudah terlaksana sebanyak 9 kali.

“Hari ini kita laksanakan di SMKN 1 Martapura. Lalu kegiatan terakhir akan kita gelar di Mandikapau, Kecamatan Karang Intan,” sebutnya.

Di tempat berbeda, Kepala SMKN 1 Martapura Susi Desi Arini, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas terselenggara kegiatan tersebut yang digelar Disbudporapar Kabupaten Banjar.

“Di mana saat ini anak-anak muda kita sudah dibina dalam kegiatan pelatihan Saran Kanda. Karena manfaat mengurus jenazah itu sesuai dengan syariat Islam,” ucap Susi.

“Selain itu, seseorang juga akan mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Jadi pelatihan ini bekal mereka sebagai seorang muslim khususnya kepada generasi muda,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *