Disbudporapar Kabupaten Banjar Kembali Gelar Program Saran Kanda di SMA Muhammadiyah Martapura

DIGELAR - Disbudporapar kembali menggelar program Saran Kanda ditiap sekolah di Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar kembali melaksanakan pelatihan Pemulasaran Jenazah di Kalangan Pemuda (Saran Kanda), di mana diikuti para siswa siswi SMA Muhammadiyah Martapura, Senin (16/10/2023).

Dalam pelatihan tersebut diisi oleh Ustadz Muhamad Arif dan Ustazah Hj. Masfah yang merupakan pengajar dari Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Read More

Saat membuka kegiatan Kabid Kepemudaan Disbudporapar Banjar Dr Muhari mengatakan, program inovasi ini dalam rangka mendkung visi dan misi Bupati Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (Manis).

“Kegiatan yang dilaksakan secara bergilir dari sekolah tingkat pertama yang ada di Kabupaten Banjar. Kegiatan Saran Kanda ini dilaksanakan dalam rangka mendidik dan menyiapkan dikalangan pemuda agar, mampu menjadi generasi yang agamis terutama dalam hal fardu ain. Salah satunya kegiatan pemulasaran jenazah,” kata Dr Muhari.

Ia juga berpesan agar para peserta mengikutinya dengan serius. Pada pelatihan ini para siswa dan siswi diajarkan tata cara memandikan, mengkafani dan mensalatkan jenazah dengan baik dan benar.

“Tujuannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman hukum Islam yang benar kepada siswa-siswinya ketika suatu saat terjun di tengah masyarakat untuk memandikan jenazah,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada program Saran Kanda di 2023 ini, ditargetkan ada 10 sekolah tingkat pertama yang dilaksanakan secara bergiliran.

“Kali ini sudah yang ke enam. Semoga dengan adanya pelatihan ini akan menjadi bekal pemuda pemudi khususnya Kabupaten Banjar untuk dapat diterapkan di masyarakat,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *