Disbudporapar Banjar Gelar Baayun Maulid, Tasnohadi: Batas Usia Peserta Maksimal 7 Tahun

KUOTA TERBATAS - Kabid Kebudayaan Disbudporapar Banjar Tisnohadi Harimurti menjelaskan, kuota untuk acara Baayun Maulid sebanyak 100 peserta.

MartapuraKlik – Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) bekerja sama dengan TP PKK kabupaten Banjar menggelar event Baayun Maulid, akan berlangsung di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS), Besok (26/10/2022).

Kabid Kebudayaan, Disbudporapar Banjar Tisnohadi Harimurti menjelaskan, event tersebut perdana diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Read More

“Jumlah peserta kita batasi sebanyak 100 orang saja, di mana batas usia maksimal 7 tahun ke bawah,” ungkapnya, kepada MartapuraKlik, Senin (25/10/2022).

Tisnohadi merincikan, jumlah peserta yang mendaftar secara gratis ini terdiri dari 38 dari masyarakat umum, 31 dari SKPD dan 31 dari PAUD.

“Saat event berlangsung para peserta cukup menyediakan 1 kain bahalai (kain sarung perempuan khas Kalsel) dan kain kuning. Apabila tidak ada, panitia juga telah menyiapkan kain tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, Event Baayun Maulid ini merupakan salah satu tradisi di Kalsel, terutama masyarakat Banjar beragama Kaharingan di Kecamatan Banua Halat, Kabupaten Tapin.

“Kegiatan terdahulu dilakukan dengan mantra, namun, setelah masuk agama Islam diganti dengan pembacaan syair maulid,” tuturnya.

Event ini diselenggarakan guna memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang mana jatuh pada 12 Rabiul Awal.

“Masyarakat percaya bahwa Baayun Maulid merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan hidup,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *