Dinkes Sebut Alat Tes Swab Antigen di Kabupaten Banjar Cukup untuk Jumlah Peserta Ujian SKD

Dinkes Sebut Alat Tes Swab Antigen di Kabupaten Banjar Cukup Untuk Jumlah Peserta Ujian SKD
WAWANCARA - Kepala Dinkes Banjar dr Diauddin memberikan keterangan kepada awak media, terkait alat tes swab antigen mencukupi untuk peserta Ujian SKD di Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Terkait kebijakan Bupati Banjar Saidi Mansyur, menggratiskan tes swab antigen kepada peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar dr Diauddin, saat ditemui di ruang kerjanya menerangkan lebih rinci mengenai kebijakan ini, Jumat (10/9/2021).

Read More

“Kebijakan Bupati Banjar untuk menggratiskan tes swab antigen ini, hanya berlaku bagi warga Kabupaten Banjar yang mengikuti tes CPNS dan PPPK di Kabupaten Banjar,” bebernya.

Untuk warga Kabupaten Banjar yang ikut tes di daerah lain, ujar Diauddin, atau instansi lain tak termasuk kebijakan tersebut.

“Jadi, kita hanya memfasilitasi mereka yang ikut tes ditempat kita (Kabupaten Banjar),” jelasnya.

Terlebih, untuk warga daerah lain yang mengikuti tes CPNS dan PPPK di Kabupaten Banjar, mereka harus melakukan tes swab antigen secara mandiri.

Pelaksanaan tes swab antigen sendiri, lanjut Diauddin, akan dilakukan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Banjar, tergantung dengan domisili warga Kabupaten Banjar tersebut.

“Datang saja ke puskesmas terdekat, dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Hasil sendiri hanya berlaku selama 1 kali 24 jam,” ungkapnya.

Alat tes swab antigen yang dimiliki Kabupaten Banjar saat ini, berjumlah 8.000 set. Artinya cukup untuk jumlah peserta Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diperkirakan berjumlah 3.000 peserta.

Karena itu, tambah Diauddin, pelaksanaan Ujian SKD di Kabupaten Banjar nanti tak dilakukan secara sekaligus, namun akan dibagi selama 6 hari.

“Agar tak ada kerumunan dan pelayanan di puskesmas tidak berat. Jadi tes swab antigen nanti dilakukan secara bertahap,” tambahnya.

Khusus untuk peserta ujian SKD yang akan mengikuti ujian pada hari Senin, maka tes swab antigen tetap akan dilaksanakan pada hari minggu.

“Nah, banyak yang bertanya tentang hal ini. Memang puskesmas pada hari minggu tutup, sehingga tidak bisa melakukan swab tes. Jadi, pelaksanaannya akan dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Banjar, di mana tetap buka pada hari llibur (Minggu),” tandasnya.

Perlu diketahui, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Banjar sendiri berlokasi di Komplek Pangeran Antasari, Jalan Pramuka KM. 39, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, atau berada di belakang Polres Banjar dan Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

Sementara itu jadwal pelaksanaan Ujian SKD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar Formasi tahun 2021 di Kabupaten Banjar sendiri sampai saat ini masih belum dirilis oleh Badan Kepagawaian Daerah dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) melalui situs resminya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *