Dinkes Banjar Salurkan Alat Ukur dan Timbangan Baru Kepada Posyandu dan Puskesmas

MartapuraKlik – Dinas Kesehatan (Dinkes) saat ini secara bertahap akan mendistribusikan alat ukur tinggi badan dan timbangan baru kepada seluruh posyandu dan puskesmas yang berada di Kabupaten Banjar.

Kepala Dinkes Banjar Yasna Khirina mengatakan, bantuan paket alat tersebut diberikan langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Read More

“Jadi, sebanyak 573 posyandu dan 25 puskesmas di Kabupaten Banjar pada tahun ini semuanya masing-masing mendapatkan alat ukur tinggi badan dan timbangan yang baru. Saat ini masih tahap pendistrubusian,” kata Yasna, kepada MartapuraKlik, belum lama tadi.

Ketika ditanya berapa anggaran yang dikucurkan untuk pembelian alat tersebut? Yasna mengaku kurang mengetahui dikarenakan bantuan dari Kemenkes ini langsung berupa barang.

“Hitung saja perkiraan harga alat sekitar Rp.13 juta hingga Rp.15 juta perpaketnya. Tinggal dikalikan saja dengan jumlah posyandu dan puskesmas yang ada di Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Bantuan alat dari Kemenkes ini, lebih jauh dikatakan Yasna, sudah disalurkan secara bertahap sejak 2022 lalu.

“Pada 2022 lalu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sudah diserahkan sebanyak 50 paket alat ke Dinkes Kabupaten Banjar. Sisanya disalurkan pada 2023 ini,” pungkas Kepala Dinkes Banjar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *