Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Segera Pastikan Penyebab Ambruknya Bangunan Alfamart di Gambut

MENINJAU - Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly meninjau langsung ke lokasi bangunan lantai 3 yang ambruk di samping SPBU Gambut.

MartapuraKlik – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar meninjau langsung ke lokasi ambruknya bangunan lantai 3 yang berada di Jalan Ahmad Yani kilometer 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, belum lama tadi.

Peninjauan tersebut langsung dipimpin Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly, pihaknya akan melakukan pengecekan lapangan untuk memastikan penyebab ambruknya bangunan tersebut.

Read More

“Adanya kejadian ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar mengucapkan turut prihatin dan belasungkawa atas terjadi ambruknya bangunan tersebut daa memakan korban jiwa,” ucapnya. Kemarin (19/4/2022).

Pihaknya, tentu akan melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel dibeberapa bagian dari bangunan yang ambruk tersebut.

“Hasil dari pemeriksaan ini, nantinya dapat ditemukan kira-kira faktor apa yang menyebabkan bangunan tersebut ambruk. Apakah karena faktor tanah atau apakah karena faktor konstruksi atau struktur bangunan,” tegasnya.

Namun, untuk sementara tambah HM Riza Dauly, penyebabnya ini masih menduga-duga. “Semoga kami dari tim ahli bangunan gedung ini, bisa cepat dan akurat dalam pemeriksaan, sehingga dapat kita simpulkan nanti. Penyebab terjadi ambruknya dalam bahasa kami itu, namanya kegagalan bangunan gedung,” ungkapnya.

Selain pengecekan bangunan, lebih jauh dikatakan HM Riza Dauly, pihaknya akan memeriksa persyaratan administrasi bangunan dan persyaratan teknis bangunan gedung tersebut, agar dapat kita temukan penyebab kita rekonstruksi dulu seperti apa.

“Untuk sanksi, sesuai dengan Undang-undang 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, kemudian Undang-undang 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi Ada Tanggung Jawab Terhadap Keselamatan dan Keamanan Pengguna Penggunaan,” katanya.

Adapun terkait dengan keadaan bangunan secara visual terlihat miring, Dinas PUPR Kabupaten Banjar sudah melakukan menyurati pemilik bangunan untuk memperhatikan keadaan bangunannya.

“Ada ratusan bangunan secara pendataan dinilai secara visual bahwa ada bangunan gedung yang terlihat miring di wilayah Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Gambut, ini sudah kita surati,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *