Dinas PUPR Lakukan Perbaikan Sementara Jalan di Desa Gunung Ulin, Rencananya Bulan Depan

WAWANCARA - Kasi Jalan Desa PUPRP Banjar Muzakir Hasan saat melakukan peninjauan jalan poros Desa Gunung Ulin, merencanakan bulan depan akan melakukan perbaikan di jalan tersebut.

MartapuraKlik – Menanggapi jalan poros Desa Gunung Ulin, Kecamatan Mataraman yang rusak parah akibat difungsikan sebagai jalur alternatif pasca ambruknya jembatan di Jalan Ahmad Yani kilometer 55 karena diterjang banjir, pada 14 Januari 2022 lalu.

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar kali ini, melakukan peninjauan di jalan poros Desa tersebut.

Kabid Bina Marga PUPRP Jimmy, melalui Muzakir Hasan selaku Kasi Jalan Desa mengatakan, kondisi ruas jalan poros Desa Gunung Ulin yang menghubungkan beberapa desa tersebut akan dilakukan perbaikan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023.

“Kita masih menunggu persetujuan. Rencananya kita akan melakukan penanganan darurat terlebih dahulu, dengan pengerasan jalan dibeberapa titik yang mengalami rusak parah. Semoga bulan depan dapat direalisasikan,” katanya, Senin (12/9/2022) sore.

Sementara, lanjut Muzakir, ruas jalan di Desa Tanah Abang terhubung dengan Desa Gunung Ulin ini, sudah masuk dalam paket kegiatan.

“Kalau jalan di Desa Tanah Abang masuk dalam PL senilai Rp.200 Juta. Sedangkan Jalan Desa Gunung Ulin belum masuk dalam paket kegiatan,” jelas Muzakir.

Di tempat berbeda, Camat Mataraman Dedy Kurniadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPRP karena telah memberikan tanggapan dan langsung menunjau ke lokasi tersebut.

RUSAK – Hingga saat ini, Jalan Desa Gunung Ulin rusak parah akibat difungsikan sebagai jalur alternatif pasca ambruknya jembatan di Jalan Ahmad Yani kilometer 55 karena diterjang banjir.

“Perbaikan ini memang sudah janjinya kepada masyarakat. Semoga perbaikan ruas jalan Desa Gunung Ulin dengan panjang kurang lebih 3 kilometer ini dapat segera terealisasikan,” harapnya.

Pembakal Gunung Ulin Sarmadi mengungkapkan, memang sebelumnya pemerintah sudah berjanji akan perbaiki jalan itu di 2022 ini.

Ia mengaku, Jalan Desa Gunung Ulin ini sangat parah bahkan tidak bisa dilalui kendaraan. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

“Kalau sudah peninjauan oleh Dinas PUPRP, berarti akan segera diperbaiki,” ungkapnya.

Sarmadi juga menyampaikan terima kasih kepada Komisi III DPRD Kabupaten Banjar yang telah menampung aspirasi masyarakat yang mengeluhkan kerusakan Jalan Desa Gunung Ulin.

“Karena saat Musrembang tidak tercatat adanya kegiatan perbaikan ruas jalan Desa Gunung Ulin. Sehingga kami pun gelisah dan menyampaikan ke DPRD. Alhamdulillah sudah mendapatkan tanggapan dan dilakukan peninjauan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, saat dilakukan peninjauan oleh Dinas PUPR turut diikuti oleh Pembakal Gunung Ulin Sarmadi dan Sekcam Mataraman Mawarta. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *