Diberhentikan Usai Jalani Ibadah Umrah, Disdik: Langgar Perjanjian Kerja

DIDAMPINGI - Penasehat hukumnya Supiansyah Darham, Elly Meliyani menunjukkan surat pemutusan kontrak sebagai tenaga kontrak dari Disdik Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Diduga melakukan pelanggaran lantaran 11 hari berturut-turut tidak masuk kerja karena menjalani ibadah Umrah. Elly Meliyani selaku tenaga kontrak dibagian Umum Kepegawaian (Umpeg) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar, diberhentikan.

Didampingi penasehat hukumnya, yakni Supiansyah Darham. Ia mengatakan, diberhentikan ini berdasarkan dengan surat pemutusan hubungan kerja nomor :  800.1.10.4/2102-Umpeg/Disdik, tertanggal 21 November 2023, yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny.

Read More

“Beliau (Elly Meliyani) datang ke kantor saya dengan membawa berkas bahwa telah diberhentikan sebagai Staf Umpeg Disdik Banjar karena pergi umrah,” kata Supiansyah.

Ia menjelaskan, sebelum keberangkatannya menjalani ibadah umrah, Elly Meliyani sudah mengajukan izin untuk berangkat.

“Kemudian saat tiba di tanah air, klien saya langsung mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja dari Disdik Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Ia berharap, pihak Disdik bisa mencoba meninjau kembali surat pemutusan hubungan kerja tersebut. Karena klien nya diberangkatkan umrah untuk ibadah, bukan untuk hiburan.

“Kalau secara internal tidak bisa diselesaikan, maka pihaknya terpaksa akan membawa permasalahan tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),” ujarnya.

Terlebih, tambah Supiansyah, kliennya ini sudah 13 tahun mengabdi di Disdik, bahkan ia ini salah satu orang terdekatnya Kepala Disdik.

“Semoga bisa disikapi dengan bijaksana oleh Disdik Banjar,” harapnya.

Menanggapi perihal tersebut, Kepala Disdik Banjar Liana Penny mengungkapkan, yang bersangkutan sudah melanggar perjanjian kerja.

“Jadi diputus sesuai yang diperjanjikan sebagai tenaga kontrak. Alasannya karena tidak masuk kerja selama 11 hari kerja secara berturut-turut,” ungkap Liana, saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp.

Ia pun sudah memberikan saran agar mengundurkan cutinya di tahun depan, karena pada awal 2023 lalu cutinya sudah habis dipergunakannya untuk menjalani ibadah umrah.

“Sudah disarankan mengundurkan cuti di tahun depan, karena awal tahun tadi sudah umrah sehingga cutinya habis. Saat kembali mengajukan izin, tidak kita berikan tetapi tetap tidak masuk kerja,” tuturnya.

Ketika ditanya MartapuraKlik, apakah ada toleransi kepada Elly Meliyani? Ia mengatakan, sudah tidak bisa diberi toleransi.

“Saat umrah diawal tahun juga sudah lebih dari cuti tahunan lamanya. Harusnya ia (Elly Meliyani) memberikan contoh disiplin bagi pegawai lain karena ia dibagian Umpeg,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *