Desa Tunggul Nangka Terendam Banjir, Tinggi Air Mencapai 178 Centimeter

Desa Tunggul Nangka Terendam Banjir, Tinggi Air Mencapai 178 Centimeter
BANJIR - Desa Tunggul Nangka, Kecamatan Pengaron terendam banjir.

MartapuraKlik – Mengingat intensitas curah hujan tinggi, Desa Tunggul Nangka, Kecamatam Pengaron, Kabupaten Banjar, terendam banjir.

Hal tersebut disampaikan Plh Kepala Pelaksana BPBD Banjar HM Riza Dauly, melalui Sekretarisnya Azhar Alamsyah. Ia mengatakan, ketinggian air di Desa Tunggul Nangka sudah mencapai 178 centimeter.

Read More

“Berdasarkan pengukur tinggi permukaan air di Desa Tunggul Nangka, sekitar pukul 07.48 Wita. Ketinggiannya sudah mencapai 178 centimeter,” ucap Azhar, kepsda MartapuraKlik, Rabu (15/12/2021).

Dirinya menyebutkan, hujan dengan intensitas relatif ringan atau gerimis pada pukul 11.25 Wita. Disamping itu juga disebabkan air kiriman dari atas turun ke hulu yang begitu cepat.

“Sehingga mengalami kenaikan debit air di daerah Desa Tunggul Nangka,” ungkapnya.

Kondisi saat ini, lanjut Azhar, beberapa rumah warga yang berada didataran rendah mulai terendam.

“Warga yang rumahnya terendam, sudah melakukan persiapan untuk mengungsi ke tempat aman. Kita sudah lakukan koordinasi dan pemantauan berkala ketinggian air di lokasi banjir dengan pihak kecamatan setempat,” ujarnya.

Disisi lain, dirinya mengimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir agar selalu berjaga-jaga jika terhadi kenaikan debit air lagi.

“Juga waspada adanya aktifitas pasang air laut, peningkatan curah hujan, serta potensi angin yang cukup kencang dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Kalimantan Selatan. Masyarakat dihimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut,”tutup Azhar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *