Dalam Waktu Dekat, Pemkab Banjar Akan Salurkan Bantuan Kepada Korban Terdampak Angin Puting Beliung

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dalam waktu dekat ini akan mendistribusikan bantuan kepada korban terdampak angin puting beliung. Pasalnya, hujan deras disertai angin tersebut pada, Sabtu (28/5/2022) sore. Mengakibatkan rumah warga di dua desa yakni, Desa Padang Panjang dan Desa Lok Tangga, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar mengalami kerusakan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Banjar Sufrianto menjelaskan, angin puting beliung di Kecamatan Karang Intan ini, terjadi sekitar pukul 15.40 Wita yang menyebabkan rumah dan fasilitas umum rusak. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan aparat terkait.

”Berdasarkan data di lapangan, 1 unit rumah rusak dihuni 3 jiwa berada di Desa Padang Panjang, sedangkan di Desa Lok Tangga sebanyak 7 unit rumah rusak. Failitas umum berupa pos dan 1 mushala juga turut mengalami kerusakan,” rincinya.

 

RUSAK – Akibat diterpa angin puting beliung, beberapa rumah warga di Kecamatan Karang Intan dan fasilitas umumnya rusak.

Untuk penanganan sementara bagi para korban saat ini, lanjut Sufrianto, sebagian di ungsikan ke tempat keluarga atau tetangga terdekat. Ada juga warga yang tetap tinggal di rumahnya masing-masing.

“Dalam waktu dekat Pemkab Banjar juga akan mendistribusikan bantuan kepada korban

serta di imbau kepada warga agar waspada jika terjadi hujan deras disertai angin kencang karena berpotensi puting beliung dan sampai saat ini juga terus dilakukan pendataan pasca kejadian,” pungkasnya.

Selain puting beliung di hari yang sama di Kecamatan Karang Intan terjadi juga fenomena hujan bongkaham es.  Menurut ahli dari BMKG merupakan hal yang wajar dan pernah sebelumnya terjadi di Kabupaten Tanah Laut pada April lalu. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *