Camat Karang Intan Siap Mensosialisasikan Maksud dan Tujuan Kegiatan Proklim di Desanya

MartapuraKlik– Desa Kiram dan Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar berhasil menerima penghargaan Trophy Program Kampung Iklim (Proklim) Utama 2022 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kemarin (14/11/2022).

Camat Karang Intan Muhammad Ilmi mengatakan, penghargaan yang ia terima ini merupakan bagian dari penyemangat, motivasi dan bukan tujuan utama kegiatan Proklim.

Read More

“Hal ini tentunya sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang telah dilaksanakan oleh masyarakat setempat, yang dimotori oleh pemerintah desa,” bebernya, kepada MartapuraKlik, Selasa (15/11/2022).

KEGIATAN – Salah satu kegiatan Proklim di Kecamatan Karang Intan.

 

Untuk itu, tambah Camat Karang Intan, pihaknya akan terus mensosialisasikan maksud dan tujuan Proklim melalui berbagai media yang ada di masing-masing desa.

“Disamping akan secara kontinu dan konsisten melaksanakan Jumat bersih sebagaimana selama ini dilaksanakan. Kita akan melibatkan lebih banyak lagi dunia usaha untuk mewujudkan tujuan Proklim,” ungkapnya.

Tak hanya di Desa Kiram dan Padang Panjang saja. Kedepan, pihaknya juga akan mengikutsertakan kembali desa lainnya yang berada di Kecamatan Karang Intan dalam kegiatan Proklim.

Perlu diketahui, lahirnya Proklim ini sebagai upaya bersama mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi saat ini.

“Negara kita sudah mengalami yang namanya dampak terjadinya La Nina dan El Nino. Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya adaptasi dan mitigasi yang berkelanjutan melalui kampung iklim,” tuturnya.

Prestasi yang didapat ini pun dicapai dengan berbagai kegiatan oleh pemerintah desa, dalam hal ini pihak Kecamatan Karang Intan.

“Seperti penanaman pohon secara masif, pengurangan penggunaan plastik, penggunaan pupuk organik untuk sektor pertanian dengan memanfaatkan sampah rumah tangga.

“Bisa juga memanfaatkan bahan disekitar yang justru sangat berlimpah. Terlebih, tidak melakukan pembakaran saat pembukaan lahan dan kebun serta kegiatan lainnya yang ramah lingkungan,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *