Bupati Banjar: Event Festival Ini Diharapkan Dapat Menghidupkan Kembali Adat Budaya Banjar

MartapuraKlik – Guna memeriahkan rangkaian acara Hari Jadi ke-72 Kabupaten Banjar agar menghidupkan dan melestarikan adat dan budaya Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar Festival Budaya Banjar Tahun 2022, di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (26/7/2022) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur, saat membuka kegiatan menginginkan event Festival Budaya Banjar dapat menggeliatkan dan menghidupkan ekonomi bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Khususnya, pegiat budaya dan usaha dibidang dekor dan tata rias pengantin yang ada di Kabupaten Banjar.

“Juga sentra perkebunan bunga lokal dan para perajin bogam melati, kalau selama ini belum ada event semacam ini. Maka yang akan datang saya berharap dapat kita fasilitasi untuk dibina dan diberikan ruang berkarya,” harap Saidi.

Ditambahkannya, Kabupaten Banjar sudah sangat dikenal dengan kebudayaan dan kesenian yang bernafaskan Islami.

“InsyaAllah dengan menggemakan syair dan lantunan salawat, melalui pembacaan syair maulid habsyi, sinoman hadrah dan rudat, masyarakat kita di Kabupaten Banjar akan selalu dalam suasana rukun dan aman berkah untuk semua,” tambahnya.

Pembukaan Festival ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar didampingi Wakilnya Said Idrus Al Habsyie, Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas, Sekda Banjar HM Hilman dan unsur Forkopimda Banjar beserta istri.

Di tempat yang sama juga diluncurkan program PETAH MANIS (Pelajar Tahfiz yang Maju, Mandiri dan Agamis), penyerahan Alquran secara simbolis kepada M Yasser Anggara S A, siswa SMPN 1 Martapura, penyerahan piagam penghargaan kepada anak muda kreatif Muhammad Isro Arrofiq pelopor desainer busana kreatif, Sufian Saufi  MUA, Penata Rias Tradisional Banjar Kreatif dan penyerahan hadiah Busana Adat Banjar terbaik kepada Camat beserta Ketua TPP PKK Kecamatan oleh Bupati Banjar didampingi istri.

Turut hadir dalam acara ini para asisten, staf ahli, para kepala SKPD, Direktur Perusda, para camat se Kabupaten Banjar beserta istri, para tokoh budaya dan masyarakat. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *