Bupati Banjar: Belum Ada Kenaikan Status Ke Tanggap Darurat, Berdasarkan Informasi Pergerakan Air Dinamis

Bupati Banjar Belum Ada Kenaikan Status Ke Tanggap Darurat, Berdasarkan Informasi Pergerakan Air Dinamis

MartapuraKlik – Kendati terjadi banjir dibeberapa kecamatan di Kabupaten Banjar akibat intensitas curah hujan meningkat.

Namun, Bupati Banjar Saidi Mansyur mengungkapkan, saat ini belum ada kenaikan status Siaga Banjir ke Tanggap Darurat.

Read More

“Karena berdasarkan informasi dari relawan di lapangan, pergerakan air dinamis. Banjir ini sudah kita alami sebelum pergantian tahun,” ungkapnya.

Terjadinya banjir di daerah hulu ini, lanjut Saidi Mansyur, dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi di daerah hulu Sungai Riam Kiwa.

“Mudahan tak terjadi lagi banjir seperti tahun lalu. Untuk tindak lanjut yang pasti, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menyiapkan posko di setiap kecamatan agar evakuasi bisa dilakukan,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Banjar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar tetap tenang, jangan panik dan selalu waspada terhadap bencana, serta mempersiapkan lokasi titik kumpul atau evakuasi pengungsian tingkat kecamatan yang berada di kantor kecamatan setempat.

“Kita mengimbau masyarakat agar menyiapkan bahan pokok secukupnya dan obat-obatan yang diperlukan dalam menghadapi bencana, serta mengevakuasi lebih dahulu dokumen penting dan barang berharga ke tempat yang lebih aman/ tinggi hingga mematikan listrik apabila banjir, menjauhi sumber listrik atau semacamnya,” imbaunya.

Masyarakat juga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mengakses informasi kebencanaan melalui media massa, media elektronik dan atau media sosial yang terpercaya.

“Bagi masyarakat yang memerlukan evakuasi dapat menghubungi Call Center Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Banjar di 08115091123 atau kecamatan setempat,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *