Bunda PAUD Kabupaten Banjar Terima Penghargaan Tertinggi Kategori Wiyata Dharma Utama

MartapuraKlik – Menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode ke 24 dan komitmen bersama Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan di daerah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelengarakan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023.

Dikesempatan tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, menerima penghargaan tertinggi yaitu, kategori Wiyata Dharma Utama diserahkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, di Mercure Convention Center Jakarta, Rabu (8/11/2023) pagi.

Read More

Kepala Dinas Pendidikan Banjar Liana Penny menjelaskan, penghargaan diberikan atas peran serta Hj Nurgita Tiyas sebagai Bunda PAUD dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Banjar sudah memberikan hasil yang terbaik.

“Bunda PAUD Kabupaten Banjar berhasil mendorong terwujudnya tiga perubahan praktik pembelajaran yaitu, menghilangkan test Calistung pada PPDB di SD, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD. Kemudian menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak PAUD dan SD dalam implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan di daerahnya,” jelas Liana.

Ia menambahkan, peran Bunda PAUD Kabupaten Banjar mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi SDM yang handal menoreh capaian keberhasilan sesuai harapan.

Kemudian Bunda PAUD juga memiliki peran penting dalam membantu pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan religiusitas.

“Pendidikan karakter sejak usia dini akan menjadi pondasi untuk anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan PAUD berkualitas,” ujarnya.

Peran Bunda PAUD dalam hal ini, tambah Liana,  juga berupa advokasi sehingga terbentuk regulasi, monitoring, pengawasan, evaluasi terhadap pelaksanaan masa transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan se Kabupaten Banjar.

“Selain itu, Bunda PAUD Kabupaten Banjar berperan dalam penguatan Peran Forum Komunikasi PAUD ke SD di Kabupaten Banjar dalam gerakan transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan, menjadi pengawas, penilik, ormit dan Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bunda PAUD juga melakukan komitmen bersama Transisi PAUD/RA ke SD/MI antara Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Agama Kabupaten Banjar, serta melaksanakan penandatanganan komitmen bersama antara Bunda PAUD Kabupaten Banjar dengan Bunda PAUD kecamatan/kelurahan/desa tentang Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan.

Hadir mendampingi dalam penghargaan selain Kadisdik Banjar Liana Penny, Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith, Kadis PMD Syahrialludin selaku Pembina TP PKK Kabupaten Banjar, serta Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Banjar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *