BPKPAD Sebut Kendaraan Dinas Tiap SOPD Tidak Dilaporkan Secara Rutin

WAWANCARA - M Fahroel Razy selaku Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah mengaku, hanya mendata jumlah kendaraan dinas yang masih aktif.

MartapuraKlik – Menanggapi keluhan dari Kantor UPPD Samsat Martapura bahwa hingga saat ini tidak adanya laporan secara rutin yang dikirimkan terkait kendaraan dinas oleh Pemkab Banjar, guna meningkatkan pendapatan negara.

Tercatat oleh Samsat Martapura, sejak Januari hingga Oktober 2022 ini, ada sebanyak 196 unit, baik roda dua hingga roda empat.

Read More

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjar Achmad Zulyadaini, melalui M Fahroel Razy selaku Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah mengaku, pemeliharaan dan perawatan kendaraan dinas tersebut diserahkan kepada Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) masing-masing.

“Sementara untuk laporannya sendiri, SOPD tidak melaporkan secara rutin terkait kendaraan dinas yang aktif ke pihak kami,” bebernya, saat ditemui MartapuraKlik beserta awak media lainnya, di ruang kerjanya, Senin (5/12/2022).

Oleh sebab itu, pihaknya belum bisa melaporkan data kendaraan dinas yang sudah membayarkan pajaknya maupun sudah berpindah tangan karena proses lelang kepada pihak Samsat Martapura.

Untuk pencatatannya dari BPKPAD, lanjut Fahroel Razy, hanya mengetahui jumlah data kendaraan dinas per SOPD masing-masing.

“Untuk pembayaran pajaknya sendiri kan dari pihak dinas masing-masing. Kalau kita hanya mendata terkait kendaraannya saja yang berjumlah 2.608, di antaranya roda empat 600 unit dan roda dua 2.008 unit,” ujarnya.

Disamping itu, dirinya mengaku terkendala saat pencatatannya yang dilakukan secara manual. Hingga saat ini tidak ada aplikasi khusus untuk mendata secara online agar tiap SKPD ter input secara maksimal.

“Kalau saat ini kami hanya mencatat nomor plat, jenis kendaraan dan nomor rangkanya. Sementara secara detailnya hingga pembayaran pajak kami tidak sampai di situ datanya,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *