Besok, Bakal Digelar Sidang Perdana Terdakwa Tindak Pidana Korupsi NPHD Bawaslu di PN

SIDANG PERDANA - Terdakawa Sofia, besok bakal digelar sidang perdananya di PN Tipikor.

MartapuraKlik – Berkas perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi dana hibah, yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Bawaslu Kabupaten Banjar, telah dilimpahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) kepada Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor).

Perihal tersebut dibeberkan Kepala Kejari Banjar Muhammad Bardan, kepada sejumlah awak media, Senin (6/9/2022).

Ia mengatakan, terdakwa Sofia yang tersangkut kasus tindak pidana korupsi dana hibah tersebut, kemungkinan 7 September 2022 Ini akan mulai digelarnya sidang perdananya.

“Kemarin sudah dilakukan masa perpanjangan masa tahanannya. Kemungkinan besok akan digelar sidang pertamanya,” bebernya, secara singkat.

Sebelumnya diberitakan, pada 20 Juli 2022 lalu. Bahwa pengusutan kasus dugaan tindak pidana korupsi dana hibah di lingkup Bawaslu yang ditangani Tim Penyidik dari Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Banjar dinyatakan P21.

Atas dasar itulah, Tim Penyidik Satreskrim Polres Banjar langsung melakukan penyerahan sejumlah barang bukti (BB) dan terdakwa atas namas Sofia, yang menjabat sebagai Bendahara Bawaslu, ke Kejari Kabupaten Banjar.

Pada 12 Agustus 2022, Muhammad Bardan memastikan berkas perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi atas dana yang tertuang dalam NPHD di lingkungan Bawaslu Kabupaten Banjar akan segera dilimpahkan ke PN Tipikor.

Terdakwa atas kasus tindak pidana korupsi ini, telah merugikan uang negara sebesar Rp.1,3 miliar lebih.

Kepada terdakwa Sofia, juga telah dilakukan penahanan selama 20 hari di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Martapura, dan dilakukan perpanjangan selama 30 hari. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *