Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Gus Muha Pimpin Apel Kebangsaan

PIMPIN APEL- Pengasuh Ponpes RMA KH Muhari pimpin Apel Kebangsaan.

MartapuraKlik – Pada momentum Hari Santri Nasional 2022, Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Muta’alimin Annahdliyah (RMA) Banjarbaru, menggelar Apel Kebangsaan, bertempat di halaman Ponpes RMA, Minggu (23/10/2022).

Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, pada moment tersebut dimeriahkan oleh pagelaran seni budaya Santri Nusantara dari 5 Kecamatan yakni, Landasan Ulin, Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, Cempaka dan Lianganggang.

Read More

Pengasuh Ponpes RMA KH Muhari mengatakan, maksud tema tersebut bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

“Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia, mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” katanya.

PAGELARAN – Pada moment tersebut dimeriahkan oleh pagelaran seni budaya Santri Nusantara dari 5 Kecamatan.

Pascakemerdekaan Indonesia, lanjut Gus Muha, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi.

“Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama,” ucap Gus Muha.

Menurutnya, catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja.

“Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. Santri sekarang, telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara,” tuturnya.

Meski bisa menjadi apa saja, lebih jauh dipaparkan Gus Muha, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri.

“Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspiras untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat,” tegasnya.

WAWANCARA – Sekretaris Ponpes RMA Banjarbaru Yatno, didampingi Tim Majelisnya Mukhlas, saat ditemui awak media, Minggu (23/10/2022).

Ketua Pelaksana Yatno menambahkan, peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan, untuk turut serta merayakan hari santri.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala amin,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *