Berlangsung Selama 5 Hari! Pemkab Banjar Gelar Festival Cinta Kabupaten Banjar

PEMOTONGAN PITA - Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tyias, bersama unsur Forkopimda melakukan pemotongan pita saat Festival Cinta Kabupaten Banjar berlangsung.

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) menggelar Festival Cinta Kabupaten Banjar, Selasa (31/10/2023) sore.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari, mulai 31 Oktober hingga 4 November 2023, di mana diikuti sebanyak 59 stand pelaku UMKM.

Read More

Acara tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur, diwakili Ikhwansyah selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Dirinya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Cinta Kabupaten Banjar 2023.

“Acara ini bukan hanya sekadar kumpul-kumpul atau pameran produk, tetapi menjadi cermin dari semangat kebersamaan dalam membangun ekonomi kerakyatan yang kokoh dan berkelanjutan,” kata Ikhwansyah.

SAMBUTAN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Festival Cinta Kabupaten Banjar.

Ia menjelaskan, Festival Cinta Kabupaten Banjar ini menjadi ajang promosi lokal sekaligus sebagai wadah guna membangun sinergi antar pemerintah, pelaku UMKM lokal dan masyarakat setempat.

”Melalui kolaborasi yang efektif ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM, Koperasi dan Bumdes di Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati, menyampaikan bahwa kegiatan ini hasil dari kolaborasi antara DKUMPP, Dinsos P3AP2KB, Dinas PMD, Dinkes Kabupaten Banjar dan Bapedda Litbang.

“Kolaborasi ini menunjukkan bahwa Pemkab Banjar sangat mendukung para pelaku UMKM lokal. Sehingga mereka bisa kita bina dan berdayakan secara optimal untuk menggerakkan perekonomian di Kabupaten Banjar,” ujar Kencana.

Para pelaku UMKM yang terlibat pada acara ini, lanjut Kencana, memang dari binaan dinas-dinas terkait dan kelompok inklusif.

“Kita juga menggratiskan stand untuk pelaku UMKM yang turut serta pada kegiatan ini, jadi full ditanggung oleh APBD Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Menurutnya, digelarnya Festival Cinta Kabupaten Banjar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM agar produknya semakin dikenal oleh publik.

“Sehingga kedepan UMKM yang terlibat semakin maju dan turut mensejahterakan ekonomi masyarakat,” ungkap Kencana.

Lebih jauh dipaparkan Kencana, Pemkab Banjar terus memberikan peluang kepada pelaku UMKM lokal untuk memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola bisnisnya.

“Melalui kompetisi dan umpan balik dari konsumen diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya,” pungkasnya.

Festival Cinta Kabupaten Banjar 2023 akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan seperti expo bazar UMKM, expo bazar PKK, talk show, pembacaan syair maulid dan tausiah.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, unsur Forkopimda, Direktur Perusahaan Daerah, pejabat di lingkup Pemkab Banjar dan tamu undangan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *