Beragam Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

ILUSTRASI - Daun kemangi bermanfaat untuk kesehatan, (Sumber: pixabay).

MartapuraKlik – Daun kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika.

Selain digunakan sebagai campuran masakan, daun yang memiliki rasa sedikit pahit ini juga umum dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen kesehatan. Hal ini karena daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Read More

Berkat nutrisinya yang melimpah, daun kemangi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi jerawat
Minyak daun kemangi dipercaya dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Daun kemangi mampu mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat adanya luka di lambung.

Selain itu, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Daun kemangi juga diketahui dapat mencegah gangguan pencernaan lainnya, seperti diare, disentri dan mual.

3. Mencegah infeksi
Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri, yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

4. Menurunkan stres
Daun kemangi diketahui bertindak sebagai adaptogen, yaitu zat alami yang membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres.

Zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, mengatasi gangguan kecemasan, mengatasi gangguan tidur, serta meningkatkan daya ingat.

5. Mencegah kanker
Selain antioksidan, daun kemangi juga memiliki sifat antikanker.

Kandungan antikanker dalam daun kemangi diketahui dapat melawan sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit.

Selain ulasan di atas, daun kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula darah dan membantu pemulihan akibat stroke. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *