Bawaslu Kabupaten Banjar Gelar Rakoor Sosialisasi Parpol dan APS

DIHADIRI - Rakoor tersebut dihadiri oleh Perwakilan KPU Banjar, Polres Banjar, Polres Banjarbaru, Kodim 1006 Banjar, Badan Kesbangpol, Satpol PP, Dishub dan DPMPTSP Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar bersama stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi (Rakoor) tentang sosialisasi-sosialisasi Partai Politik (Parpol) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS),  yang sebagian sudah menjadi Alat Peraga Kampanye (APK), Selasa (31/10/2023) sore.

Ketua Bawaslu Banjar Muhammad Hafizh Ridha mengatakan, pihaknya bersama stakeholder di Kabupaten Banjar sudah menyamakan persepsi saat Rakoor tersebut.

Read More

“Hasil diskusi ini berupa imbauan dan sifatnya penertiban. Sementara saat ini kami masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) terkait reklame keluar,” kata Muhammad Hafizh.

Menurutnya, tanpa adanya dasar aturan hukum, Bawaslu Kabupaten Banjar tidak bisa bergerak sesuai tugas dan fungsinya untuk mengambil langkah terkait APS di luar masa kampanye.

“Informasi yang kita dapat, Perbup terbaru yang mengatur reklame tersebut sebentar lagi akan disahkan,” jelasnya.

Di lain sisi, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hingga Panwas Desa untuk melakukan pendataan terkait APS dan APK.

“Kalau ada alat peraga dari Parpol yang melanggar, akan kita berikan imbauan kepada yang bersangkutan. Jika tak memberikan respon, kami lah yang akan menertibkan alat peraga tersebut,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *