Bangunan Toko Modern di Gambut Miring, Dinas PUPRP Terjunkan Tim Lakukan Pengecekan

WAWANCARA - Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly, sudah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan bangunan miring di Kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar.

MartapuraKlik – Lokasi bangunan Alfamart yang berada di Jalan Ahmad Yani kilometer 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar ini, mengalami kemiringan dan terpaksa harus ditutup untuk menghindari adanya korban jiwa.

Lokasi tersebut tak jauh dari bangunan Alfamart yang ambruk di Kilometer 12. Sekitar lokasi ini, sebelumnya ada rumah warga yang ambruk juga, namun tidak ada korban jiwa saat itu.

Read More

Atas dasar itulah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Petanahan (PUPRP) Banjar HM Riza Dauly, sudah mengirim tim pengawas bangunan (timwasbang) untuk melakukan pengecekan ke lapangan beberapa waktu lalu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan toko ritel yang bersangkutan untuk melakukan uji kelayanan bangunan yang miring tersebut,” katanya, Rabu (11/5/2022).

Penerjunan timwasbang sendiri, lanjut HM Riza Dauly, berdasarkan laporan dari tim kecamatan dan merupakan inisiatif dari pemilik bangunan.

“Di mana pengecekan tersebut juga melibatkan ahli konstruksi dari pihak pemilik bangunan sendiri,” ucapnya.

Terkait cukup banyaknya bangunan miring di daerah Kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar, pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut.

“Apakah terjadi pergeseran tanah atau perbedaan sktruktur, ini masih dikaji lebih mendalam. Karena tak hanya bangunan Alfamart itu saja yang ambruk, rumah di belakangnya juga mengalami keruntuhan dan di Alfamart kilometer 14 tersebut juga miring,” sebutnya.

Dilain sisi, pihaknya sudah memperingatkan kepada pemilik 59 bangunan miring di Kabupaten Banjar, untuk melakukan penilaian kelayanan bangunan miliknya.

“Yang menilai nanti tim ahli. Mereka yang akan menilai seberapa parah. Jika ada kerusakan, nanti akan disarankan kepada pemerintah daerah, apakah masih layak untuk difungsikan atau harus dirobohkan sehingga tak ada lagi korban jiwa seperti kemarin,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sabtu (7/5/2022) lalu, bangunan Alfamart kilometer 14 harus ditutup karena mengalami kemiringan.

Hal ini berdasarkan info dari Kepala Seksi Sarana Prasarana, Informasi dan Pengolahan Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar Muhammad Sapwan.

“Kita dapat Info dari pegawai Alfamart yang berada di kilometer 14, untuk sementara dilakukan penutupan, karena bangunan sudah sangat miring ke arah gudang,” jelasnya.

Karena posisi bangunan tersebut miring, Sapwan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebagaimana ambruknya bangunan Alfamart kilometer 12 yang menewaskan 5 korban. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *