Arus Penumpang Transportasi Darat di Kalsel Melonjak Hingga 15 Persen

ARUS PENUMPANG - Jumlah penumpang moda transportasi darat, saat momen perayaan Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024 melonjak drastis.

MartapuraKlik – Jumlah penumpang pengguna moda transportasi darat di Kalsel melonjak drastis hingga 15 persen.

Pengaruh lonjakan ini disebabkan libur panjang pada momen perayaan Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024 (Nataru).

Read More

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat Daniel Bernhard mengatakan, terhitung sejak 19 sampai 27 Desember 2023 jumlah penumpang angkutan umum transportasi bus mengalami lonjakan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan ini bisa dibandingkan dengan hari biasa maupun bulan sebelumnya. Ketika hari biasanya jumlah kenaikan itu beragam antara 11 sampai 15 persen di situasi normal,” kata Daniel, Jumat (29/12/2023).

Menurutnya, dari hasil rekapitulasi puncak arus mudik Natal pada, Sabtu (23/12/2023) lalu. Ia mencatat sudah mencapai 5.761 orang.

“Bahkan, penumpang lebih banyak mengambil jurusan Kalimantan Timur (Kaltim),” ujarnya.

Dibandingkan 2022 lalu, lanjut Daniel, realisasi lonjakan penumpang pengguna transportasi darat di Terminal Tipe A Gambut Barakat mencapai 25 persen.

“Jika dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru 2022, jumlahnya memang diangka sekitar itu,” ucapnya.

“Jadi, bicara soal peningkatan di sini positif terjadi peningkatan baik yang datang dan berangkat dari Kaltim (Samarinda – Balikpapan) maupun dari Kalteng (Pangkalambun – Palangkaraya),” sambungnya.

Ia mengungkapkan, jumlah armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kilometer 17 Gambut, secara total keseluruhan mencapai 510 unit untuk datang dan pergi.

“Rata-rata per hari diperiode Nataru itu sekitar 25 sampai 32 unit yang puncak mudiknya pada Sabtu kemarin atau H-2 menjelang perayaan Natal,” pungkasnya.(ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *