Antisipasi Banjir! Kodim 1006 Banjar Lakukan Pembersihan Selokan di Lingkungan Pasar Martapura

PEMBERSIHAN - Jajaran Kodim 1006 Banjar tengah melakukan pembersihan selokan di lingkungan Pasar Tradisional Martapura.

MartapuraKlik – Memasuki musim penghujan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1006 Banjar menggelar Karya Bakti Pembersihan Selokan dan Penanaman Pohon dalam Rangka Mengantisipasi Bencana Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit, Kemarin (8/12/2023).

Dandim 1006 Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, melalui Kapten Arhanud Rusman Istanto selaku Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) mengatakan, kegiatan ini untuk membersihkan selokan atau drainase bersama instansi terkait dan rutin dilaksanakan. Kali ini bekerjasama dengan Perumda Pasar Bauntung Batuah (PBB) Kabupaten Banjar

Read More

“Saat memasuki musim penghujan, biasanya akan terjadi banjir akibat luapan air di selokan tersebut tersumbat endapan sampah dan lumpur. Karena itu, Kodim 1006 Banjar mengambil inisiatif bekerja sama dengan instansi terkait, untuk melakukan pembersihan selokan di lingkungan pasar,” kata Kapten Arhanud.

Ia juga menjelaskan, Karya Bakti tersebut dilaksanakan Kodim dan Koramil diseluruh Indonesia secara serentak.

“Begitu jajaran Koramil dari Kodim 1006 Banjar yang melaksanakan kegiatan dibeberapa titik lokasi, termasuk di lingkungan pasar,” jelasnya.

Adanya kegiatan yang dilaksanakan Kodim 1006 Banjar ini tentu saja direspon positif oleh Direktur Perumda PBB Banjar Rusdiansyah. Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim 1006 Banjar.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut, terutama di lingkup Pasar Tradisional Martapura. Di tengah musim penghujan seperti ini kita juga khawatir akan terjadi genangan air yang diakibatkan selokan air tersebut tersumbat limbah sampah pasar,” ujarnya.

Ia mengaku, jika curah hujan cukup tinggi maka banjir genangan air akan terjadi dibeberapa titik di lingkungan pasar.

“Tapi, kurang lebih satu jam saja air genangan tersebut sudah dapat kembali mengalir normal,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *