Akhir Maret, Bapedda Litbang Kabupaten Banjar Laksanakan Musrenbang 2023

MartapuraKlik – Diakhir Maret 2022 ini, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar akan kembali melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Tahun 2023.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Litbang Banjar HM Riza Dauly, kepada awak media saat ditemui belum lama tadi.

Read More

“Musrenbang tingkat Kabupaten Tahun 2023 nanti akan kita laksanakan pada 30 Maret 2023 sebelum bulan puasa,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, lanjut Riza Dauly, bertujuan untuk menyerap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dan stakeholder terkait dalam penyusunan rencana kerja pemerintah tahun mendatang.

Selama beberapa kali pelaksanaan Musrenbang, Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan selalu menjadi hal yang diajukan.

“Infrastruktur jalan memang selalu diminta, tapi pemerintah sudah barang tentu belum mampu mengabulkan semuanya karena keterbatasan pembiayaan, karena itu perlu dipilih mana yang diprioritaskan,” katanya.

Seperti jalan yang di Kecamatan Aluh-Aluh yang diusulkan masyarakat, saat ini jalan tersebut sudah ditangani menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 100 miliar.

Saat ini lebih jauh dipaparkan Riza Dauly, sudah terlaksana dan sedang berlangsung Musrenbang tingkat Desa hingga Kecamatan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai dari desa dan kecamatan, kita harapkan ada kemufakatan. Jadi satu desa mengajukan 1 usulan yang prioritas, demikian juga kecamatan mengusulkan 1 prioritas, sehingga tak ada perdebatan karena hasil musyawarah mufakat itu yang diakomodir,” jelasnya.

Dia juga menyebut hasil kesepakatan musrenbang sebelumnya juga sebagian besar sudah diakomodir dan telah masuk dalam rencana kerja pemerintah daerah.

“Karena kita tak bisa mengakomodir semuanya karena keuangan daerah tak mampu. Makanya kami harapkan ke depan ada hasil musyawarah mufakat,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *