Agar Berfungsi Secara Optimal, Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Lakukan Kegiatan Normalisasi Drainase

Agar Berfungsi Secara Optimal, Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Lakukan Kegiatan Normalisasi Drainase
NORMALISASI - Puluhan petugas SDA dari Dinas PUPRP Kabupaten Banjar lakukan pembersihan dan mengangkat sampah bercampur lumpur yang mengendap di saluran drainase Jalan Sukaramai, Jumat (422022).

MartapuraKlik – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar tengah melakukan normalisasi drainase, agar mencegah terjadinya genangan air akibat banjir saat intensitas curah hujan tinggi, Jumat (4/2/2022).

Plt Kepala Dinas PUPRP Banjar HM Riza Dauly, melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Jimmy mengatakan, guna mengoptimalkan saluran air di kawasan perkotaan. Pihaknya lakukan kegiatan normalisasi drainase salah satunya yang berada di Jalan Sukaramai, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar.

Read More

“Berdasarkan arahan dari Bupati Banjar Saidi Mansyur. Kali ini, kita melakukan pembersihan dan mengangkat sampah bercampur lumpur yang mengendap di saluran drainase tersebut, hingga saluran air dapat kembali berfungsi secara optimal,” kata Jimmy, disela memantau kegiatan normalisasi drainase di Jalan Sukaramai, Jumat (4/2/2022).

Guna memudahkan pengerjaan, sebelumnya pihaknya melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banjar sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) untuk mensterilkan kawasan tersebut dari PKL yang berdiri di atas saluran air, di samping ruas Jalan Sukaramai dna Jalan Kenanga.

“Setelah tidak ada lagi lapak dan kios kecil milik PKL, terhitung sejak 1 Februari 2022 hingga hari ini. Kita pun dapat melakukan kegiatan pembersihan drainase dengan menurunkan 20 orang petugas kebersihan dari Bidang SDA, ditambah 1 unit armada angkut dan 1 unit motor tossa,” jelasnya.

Kendati upaya pembersihan PKL yang beroperasi di atas saluran drainase sudah dilakukan penertiban oleh Satpol PP.

“Namun, saat melakukan pembersihan, masih ada saja pedagang yang ngeyel dan kembali menggelar dagangannya di atas saluran drainase samping ruas Jalan Sukaramai,” ungkap Jimmy.

Keberadaan satu unit kios milik PKL ini, lanjut Jimmy, akan segera dikoordinasikan dengan Satpol PP untuk menindaklanjutinya.

“Tapi, untuk pengerjaan normalisasi drainase hingga saat ini tidak ada mendapati kendala,” katanya.

Disamping itu, selain melakukan pembersihan lumpur dan sampah disaluran air disamping ruas Jalan Suka Ramai dan Jalan Kenanga. Pihaknya pun juga sudah melakukan kegiatan normalisasi drainase di Jalan Guntung Alaban, Kelurahan Sungai Paring, dua pekan yang lalu. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *