Ada 14 Desa di Kecamatan Martapura Timur Terdampak Banjir, Masyarakat Diimbau Agar Waspada

Ada 14 Desa di Kecamatan Martapura Timur Terdampak Banjir, Masyarakat Diimbau Agar Waspada
TINJAU LOKASI - Camat Martapura Timur Guslan (kiri) bersama Kapolsek Martapura Timur Safi'i dan Babinsa Kodim 1006 Banjar, meninjau langsung lokasi banjir di wilayah hukumnya.

MartapuraKlik – Intensitas curah hujan saat ini meningkat, hingga sungai Martapura meluap dan menyebabkan banjir dibeberapa wilayah di Kabupaten Banjar.

Daerah terdampak banjir ini, seperti di Desa Pekauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, hingga selutut orang dewasa, Selasa (15/12/2021).

Read More

Untuk itu, Camat Martapura Timur Guslan mengimbau, kepada masyarakat setempat agar tetap siaga dalam banjir ini. Diharapkan tidak kembali terjadi kenaikan debit air.

“Selalu berhati-hati juga terhadap binatang yang masuk ke rumah seperti, ular dan lain sebagainya terutama kelistrikan rumah. Jangan terulang kembali terjadi korban akibat hal tersebut,” imbaunya.

Berdasarkan informasi yang didapat dan langsung terjun ke lapangan, Guslan menyebutkan, untuk wilayah Kecamatan Martapura Timur ada 14 desa yang saat ini terdampak banjir.

Ada 14 Desa di Kecamatan Martapura Timur Terdampak Banjir, Masyarakat Diimbau Agar Waspada

“Namun tidak merata banjirnya. Seperti di Desa Pekauman yang kebetulan berdekatan sungai Martapura, dengan ketinggian air bervariasi hingga sampai lutut orang dewasa,” ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya bekerja sama Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mendirikan posko di rumah dinas Camat Martapura Timur.

Di tempat sama, Kapolsek Martapura Timur Safi’i mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan giat patroli di tengah debit air yang semakin meningkat, khususnya di wilayah hukumnya.

“Kita minta kepada masyarakat agar jangan panik. Jika debit air kembali meningkat dan masyarakat harus dievakuasi. Kita siap terjunkan personel dalam penanganam tersebut,” tegasnya.

Lanjutnya, pihaknya akan memberikan surat edaran kepada para Kepala Desa yang ada di Kecamatan Martapura Timur, untuk mengimbau kepada masyarakat terkait banjir.

“Hal ini bertujuan, jika kembali terjadi adanya kenaikan debit air agar kiranya masyarakat mengurangi aktifitas di dalam air. Untuk mengantisipasi tidak terjadi hal yang diinginkan,” tutup Kapolsek Martapura Timur. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *