11 Parpol Belum Memenuhi Syarat Keanggotaan, KPU: Kita Tunggu Hingga Pukul 24.00 WIB

VERIFIKASI - Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Banjar Muhammad Zain sebut 11 Parpol masih tahap verifikasi administrasi perbaikan anggota.

MartapuraKlik – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menyebutkan bahwa dari 23 partai politik (Parpol) yang terdaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024, 11 di antaranya melakukan tahap verifikasi administrasi perbaikan anggota. Yakni belum memenuhi syarat minimal sebanyak 561 anggota.

Perihal tersebut disampaikan Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Banjar Muhammad Zain, ketika ditemui MartapuraKlik beserta dua awak media lainnya, Rabu (28/9/2022).

Pria akrab disapa Zain ini pun mengatakan, dari 11 Parpol yang belum memenuhi syarat keanggotaannya, dikarenakan terdapat kesalahan saat memasukan data anggotanya.

“Seperti, KTP anggotanya tidak terbaca karena kabur, penulisan typo tanggal lahir atau NIK-nya. Sebab itulah dianggap belum memenuhi syarat dan sudah kami sampaikan hal itu kepada Parpol yang bersangkutan untuk diperbaiki kembali,” katanya.

Zain menjelaskan, perbaikan yang terhitung sejak 15 September ini, sudah memasuki tahapan akhir tepatnya pada 28 September 2022.

“Perbaikan ini kita tunggu hingga pukul 24.00 WIB (waktu pusat). Jika tidak, maka Parpol tersebut dianggap TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” tegasnya.

Namun, ketika ditanya awak media siapa saja nama-nama Parpol yang belum memenuhi syarat anggota ini? Ia mengatakan, tidak bisa menyampaikannya.

“Maaf, kami tidak bisa menyampaikan hal tersebut, karena ranahnya itu masuk ke KPU RI. Kita tunggu saja hasilnya dari 23 Parpol, lolos atau tidaknya. Insya Allah lolos aja,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *